Youtube Audio Ads Untuk Konten Musik dan Podcast

Youtube Perkenalkan Audio Ads, Iklan Untuk Konten Musik dan Podcast

NESABAMEDIA.COMYoutube Audio Ads – Bagi pengguna Youtube, pasti sudah sering mengalami gangguan munculnya iklan saat memutar video yang ditonton, jika belum berlangganan layanan premium. Memang ini sudah menjadi resiko bagi para pengguna yang ingin memanfaatkan sebuah layanan gratisan. Youtube sendiri, kini juga telah berkembang dengan hadirnya konten podcast atau streaming musik. Kabar buruknya, kedua jenis konten ini juga akan dipasangi iklan oleh Google.

Google baru saja memperkenalkan layanan iklan audio (Youtube Audio Ads), sebuah format iklan baru bagi para pengiklan untuk menjangkau pasar audio Youtube. Ini merupakan format iklan pertama yang dibuat oleh Youtube untuk menghubungkan brand dengan para audiens yang terlibat dan mendengarkan audio. 

Bagi para brand dan pemilik produk, hal ini berarti bisa dijadikan sarana eksekusi untuk materi iklan berupa audio dan menjadi cara baru untuk mengimplementasikan kreativitas dengan materi iklan dan konten berbasis audio. Mereka bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti halnya saat beriklan pada konten video.

Di sisi lain, Youtube juga telah memperkenalkan jajaran musik dinamis yang terdiri dari grup yang berisi kanal-kanal yang memiliki beragam genre yang memiliki penonton khusus masing-masing yang sedang populer. 

Nantinya para pengguna dan pengiklan akan bisa mendapatkan rekomendasi kanal seperti kanal khusus K-Pop, Hip-Hop, Latin, termasuk juga genre top 100. Nantinya juga akan ada rekomendasi kanal berdasarkan mood dan ketertarikan, sehingga brand bisa dengan mudah menjangkau target audience iklan mereka serta bisa ‘hadir dalam skala besar’ untuk para pengguna yang menonton atau mendengarkan Youtube sembari melakukan kegiatan lainnya.

Pihak Youtube mengatakan bahwa hasil dari uji coba mereka menunjukkan bahwa lebih dari 75 persen iklan yang ada bisa meningkatkan awareness sebuah brand. Track audio memainkan peran utama dalam materi iklan yang disuguhkan, meskipun masih terdapat tampilan visual seperti gambar diam atau animasi yang sederhana. 

Pada akhirnya untuk bisa menjangkau target audien yang menggunakan Youtube dalam bentuk suara, pemilik brand atau produk dituntut untuk bisa lebih kreatif dalam menarik perhatian dan memiliki aura pada konten iklan mereka.

Iklan audio di Youtube bisa menjadi kabar yang baik bagi para pemilik brand dan produk yang menargetkan audiens di pasar musik dan podcast. Sementara pengguna tentu saja diharuskan bisa menyesuaikan diri dengan kehadiran iklan audio ini, dan seperti yang sudah dijelaskan di atas ini merupakan resiko dari layanan gratisan. Untuk bisa bebas iklan tersebut, tentunya harus merogoh kocek untuk bergabung dalam layanan Youtube Premium.

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend