Layanan SMS di Smartphone Android

Layanan SMS di Smartphone Android Dapatkan Peningkatan Fitur Enkripsi End-to-End dan RCS

NESABAMEDIA.COMPengguna smartphone Android dalam waktu dekat akan bisa mendapatkan fitur enkripsi end-to-end pada aplikasi perpesanan atau SMS bawaan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh pihak Google pada hari Kamis kemarin. 

Protokol perlindungan data yang telah ditingkatkan itu nantinya akan menjadikan pesan yang dikirimkan atau diterima pengguna Android, di mana hanya bisa dibaca oleh pembaca dan penerima saja. Dijadwalkan pembaruan ini akan tersedia dalam versi beta pada bulan ini. Bagi pengguna yang tertarik untuk bisa mendapatkannya lebih dulu, bisa mendaftar dalam program beta tersebut.

Begitu fitur enkripsi end-to-end itu tersedia untuk pengguna Android yang lebih banyak, Google akan menjadikannya sebagai fitur default, untuk perangkat Android yang diproduksi kedepannya.

Langkah ini akan menghadirkan enkripsi yang benar-benar terpercaya kepada miliaran perangkat Android, melindungi data para pengguna yang bahkan tidak bisa diakses oleh pihak Google itu sendiri, penyedia layanan telekomunikasi, dan juga orang-orang jahat yang berupaya melakukan penyadapan dengan cara-cara tradisional. Namun, fitur enkripsi ini tidak akan berlaku di wilayah Rusia dan Cina, karena peraturan pemerintah setempat.

“Kami menyadari bahwa percakapan antar pengguna adalah hak privasi dan sudah menjadi tanggung jawab kami agar informasi pengguna tetap aman. Kami secara terus-menerus meningkatkan perlindungan keamanan untuk melindungi data pribadi pengguna dan akan merilis fitur enkripsi end-to-end ini,” kata Google. 

Google akan menggunakan sinyal protokol khusus untuk mengenkripsi chat pengguna. 

Pengumuman mengenai fitur enkripsi baru di layanan SMS ini bersamaan dengan pengumuman lain yang menyebutkan bahwa pengguna smartphone Android kini bisa menggunakan RCS atau Rich Communication Service secara global dengan beberapa pengecualian. 

Pembaruan pada fitur RCS ini diharapkan bisa membuat pengguna semakin banyak yang menggunakan layanan SMS yang bisa diintegrasikan dengan teknologi modern seperti Wi-Fi, sehingga bisa mengirim dan menerima gambar atau foto dengan kualitas tinggi dan dengan tambahan fitur tanda pesan sudah dibaca oleh pihak lain.

Pihak Google tidak menjelaskan kapan pastinya fitur enkripsi end-to-end ini akan dirilis, namun dengan demikian, pengguna smartphone Android nantinya bakal mendapatkan sebuah fitur kombinasi, yakni fitur RCS yang terenkripsi secara end-to-end.

Leave a Reply

Send this to a friend