Microsoft Defender Endpoint Kini Lindungi Perangkat Removable

Microsoft Defender Endpoint Kini Lindungi Perangkat Removable

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah menambahkan kontrol baru untuk membantu pengguna bisnis atau perusahaan dalam mengamankan perangkat penyimpanan dan printer yang bisa dilepas (removable), guna mengatasi peningkatan masalah keamanan yang disebabkan oleh peningkatan kerja jarak jauh atau WFH. 

Pihak Microsoft beralasan bahwa lingkungan kerja dari mana saja atau jarak jauh, telah memperluas jangkauan serangan siber yang bisa terjadi, sehingga mereka memperluas cakupan produk perlindungan Windows 10 Defender versi bisnis. 

“Kami sangat senang dapat mengumumkan kemampuan kontrol perangkat baru di Microsoft Defender Endpoint untuk mengamankan skenario penyimpanan yang dapat dilepas, pada platform Windows dan macOS, serta menawarkan lapisan perlindungan tambahan untuk skenario pencetakan,” ungkap Manajer Program Teknis Microsoft, Tewang Chen. 

Kemungkinan baru ini dirancang untuk memungkinkan para administrator menerapkan pembatasan akses pada perangkat yang bisa dilepas dan menguasai tugas pencetakan pada printer yang tidak disetujui, atau tidak masuk dalam daftar. 

Dalam postingannya, Chen menambahkan bahwa fitur perlindungan printer baru tersebut memungkinkan admin untuk memblokir pengguna agar tidak melakukan pencetakan ke printer di jaringan internal perusahaan, atau printer USB yang tidak memiliki akses. 

Selanjutnya, kemampuan dalam mengontrol akses penyimpanan baru pada perangkat yang bisa dilepas yang ditambahkan ke platform keamanan versi Windows, akan melengkapi perlindungan kontrol perangkat yang ada untuk tugas-tugas seperti memasang perangkat baru, menghapus penyimpanan BitLocker, dan lainnya. 

Dengan kontrol akses penyimpanan baru di perangkat yang bisa dilepas ini, admin akan bisa mengizinkan, atau mencegah izin membaca, menulis atau mengeksekusi ke perangkat penyimpanan itu berdasarkan berbagai properti perangkat, seperti ID Vendor dan nomor seri. 

Lebih lanjut, platform ini juga menawarkan perlindungan penyimpanan yang dapat dilepas di mac. Ini menambah kemampuan pengembangan platform titik akhir di Mac. Khususnya, pada bulan lalu Microsoft menambahkan dukungan untuk mendeteksi perangkat iOS yang di-jailbreak. 

Chen menambahkan bahwa meskipun kontrol akses penyimpanan yang dapat dilepas pada Windows dan Mac pada umumnya bisa tersedia, namun perlindungan printer pada Windows saat ini statusnya masih dalam pratinjau publik (Public Review). 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend