Microsoft Edge Makin Dekat Saingi Google Chrome

Microsoft Edge Makin Dekat Saingi Google Chrome

NESABAMEDIA.COMKetika persaingan aplikasi browser semakin memanas, Microsoft Edge adalah salah satu yang semakin dekat dalam menyaingi Google Chrome, karena browser tersebut baru saja menyalip pesaing utama lainnya. 

Berdasarkan data analitik terbaru dari StatCounter, browser Microsoft Edge kini digunakan di 9,65% semua perangkat desktop di seluruh dunia, yang mungkin cukup berarti jika patokannya adalah pangsa pasar Chrome yang sebesar 67,26%. 

Kembali pada bulan Februari lalu, browser Edge mampu menyusul Safari, namun berdasarkan data baru pada bulan Maret, browser Apple itu kini memiliki 9,57% pangsa pasar browser desktop di seluruh dunia. Sementara itu Mozilla Firefox mengalami penurunan pangsa pasar yang tipis dari 9,18% menjadi 7,57%. 

Menariknya, browser Internet Explorer yang sudah dinyatakan pensiun, masih digunakan pada 0,92% desktop global. Kemungkinan ini digunakan oleh para pengguna yang belum meningkatkan ke Windows 11 atau bahkan Windows 10. Microsoft sendiri sudah beberapa kali mengumumkan masa pensiun Internet Explorer pada tanggal 15 Juni tahun ini. 

Dengan demikian, pangsa pasar yang akan ditinggalkan oleh Internet Explorer itu diyakini akan beralih ke Edge, atau bahkan browser alternatif lain seperti Opera, yang dalam data tersebut memiliki 2,83% pangsa pasar global. 

Meskipun browser Edge mampu membuat terobosan di desktop, namun hal yang berbeda terjadi untuk platform Android dan iOS. Merujuk pada data dari StatCounter itu, Chrome digunakan di 63,26% dari semua perangkat smartphone. Ini sangat masuk akal karena sekarang ini sudah ada lebih dari 3 miliar perangkat Android aktif yang digunakan, dan browser buatan Google itu telah terpasang sebelumnya (pra-install) di smartphone Android. 

Demikian pula dengan Safari yang juga sudah terpasang sebelumnya di perangkat iPhone, memiliki 24,82% pangsa pasar browser seluler di seluruh dunia. Browser Samsung, yakni Samsung Internet sementara itu berada di posisi ketiga dengan meraih 4,99% pangsa pasar. 

Meskipun browser Microsoft Edge tidak muncul dalam data di pangsa pasar StatCounter, penggunanya diketahui mengalami peningkatan. Jika melihat pada data di Play Store, aplikasi browser Edge telah terpasang lebih dari 10 juta kali dan memiliki rata-rata ulasan dengan bintang 4,5 dari 453 ribu ulasan yang diberikan pengguna. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend