• Our Partners:

Microsoft Edge Siap Salip Safari di Posisi Kedua Browser Populer Dunia

Microsoft Edge Siap Salip Safari di Posisi Kedua Browser Populer Dunia

NESABAMEDIA.COMSejak Microsoft memperbarui Edge ke Chromium, browser itu telah mampu meraih angka-angka penting. Angka-angka tersebut terus bertambah dan semakin serius, dan kini Edge mengancam posisi Safari sebagai browser populer kedua di bawah Chrome. 

Statistik Microsoft Edge terlihat begitu fantastis di Statcounter. Ini adalah alat terbaik di internet untuk dijadikan acuan mengenai browser mana yang paling sering digunakan pengguna, dan di perangkat mana mereka menjelajahi internet. 

Pada laporan terbaru Statcounter, Microsoft Edge membuat pencapaian serius yang mengancam Safari. Ini disebabkan oleh pengguna yang semakin banyak menggunakan Edge, dan basis pengguna Safari terlihat mulai mengalami penurunan. 

Browser Edge memang mengalami tahun yang sangat berkesan. Pada bulan Februari 2021, 8.1% pasar online global menggunakan Edge untuk menjelajahi internet. Dan pada bulan Februari tahun ini, jumlahnya melonjak sampai 9.56%. 

Sementara di sisi Safari, kondisinya terlihat mencemaskan. Pada bulan Februari 2021, mereka mendapatkan pangsa pasar pengguna global sebesar 10.27%, namun kemudian turun hingga menjadi 9.75% pada bulan Februari 2022. Jumlah ini hanya terpaut 0.19% diatas Edge. 

Jika tren ini terus berlanjut, dan tentu saja tidak ada alasan yang menentang itu, Microsoft Edge akan mampu melampaui Safari sebagai browser populer nomor 2 di pasaran. Pada titik itu, Edge akan memiliki peluang yang semakin besar untuk memenuhi ambisinya mengalahkan Chrome, sebuah pertarungan yang mungkin tidak akan dimenangkan, namun tetap saja itu akan menjadi sebuah pencapaian yang fantastis. 

Cerita kesuksesan ini telah lama menyelimuti Microsoft. Sejak Microsoft Edge dilahirkan kembali sebagai browser berbasis Chromium, orang-orang tidak hanya memberikan sambutan hangat, tetapi juga terpikat untuk terus menggunakan browser itu. 

Ada alasan lain yang membuat Edge begitu kuat dalam mengalami pertumbuhannya. Ini adalah karena Windows 10 dan 11 yang begitu agresif dalam mempromosikan Edge, di titik di mana pengguna sampai harus dipaksa membuka tautan tertentu hanya melalui Edge. 

Microsoft juga akan menunjukkan ‘kemarahan’ ketika anda menggunakannya untuk mencari browser pesaing. Mereka memperingatkan pengguna yang mengunduh produk pesaing dan menyebut bahwa Edge adalah pilihan terbaik untuk Windows, meskipun mereka tidak benar-benar menghentikan anda untuk mengunduh produk pesaing. Tapi rupanya ‘pemaksaan’ itu berhasil dan membuat Edge mengalami pertumbuhan seperti sekarang ini. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend