Tampilan Tema Microsoft Windows 10 Desain Baru

Microsoft Hapus Bocoran Desain Antarmuka Windows 10 Yang Akan Datang

NESABAMEDIA.COMSeperti yang telah diberitakan sebelumnya, bahwa tampilan antarmuka desktop Windows 10 akan mendapatkan perubahan cukup besar, yang akan mulai didistribusikan kepada pengguna melalui pembaruan Windows 10 21H2, atau yang disebut pembaruan Cobalt. Tampilan antarmuka baru itu dikenal dengan nama Sun Valley UI, yang hadir dengan bentuk jendela sudut membulat dengan memanfaatkan desain WinUI. 

Rencana yang akan dilakukan Microsoft adalah dengan merilis pembaruan fitur Windows 21H1 dalam bentuk paket pengaktifan (enablement package), dan kemungkinan dijadwalkan pada paruh kedua tahun 2021 mendatang. 

Namun untuk alasan yang masih menjadi misteri dan tanda tanya saat ini, sebuah mockup desain antarmuka baru untuk Windows 10, muncul di halaman aplikasi Tips minggu lalu. Dalam penampakannya itu, terlihat tampilan browser Microsoft Edge, aplikasi kalkulator, dan aplikasi alarm yang menggunakan desain dengan sudut membulat. 

Tampilan Antarmuka Windows 10 Yang Akan Datang

Tampilan Antarmuka Windows 10 Yang Akan Datang

Akan tetapi pada awal pekan ini, penampakan antarmuka di halaman Tips itu pun menghilang dan digantikan dengan tampilan antarmuka aplikasi Windows 10 yang ada saat ini. Selain itu, Microsoft juga menghapus sebuah gambar yang juga menampilkan bagian Taskbar dengan sudut membulat. 

Hal ini pun menunjukkan bahwa sebenarnya desain mockup itu memang sedang dikembangkan oleh tim internal Microsoft, namun pihak mereka tidak mau membahas rencana ke depan dan memilih menyembunyikan antarmuka baru itu untuk saat ini. 

Kejadian seperti ini sebenarnya bukanlah yang pertama di mana Microsoft merilis sebuah gambaran rencana masa depan produk mereka, dan kemudian menariknya dari publik, khususnya untuk pembaruan dan fitur baru pada Windows 10. 

Dengan demikian bisa diambil kesimpulan juga bahwa tampilan antarmuka Windows 10 yang akan datang, tidak akan mengalami perubahan begitu drastis jika dibandingkan dengan yang ada saat ini. Namun tetap saja, bocoran tampilan baru dengan sudut membulat dan desain yang halus dan simpel itu bisa memberikan sensasi baru dalam menggunakan dan mengoperasikan perangkat berbasis Windows 10. 

Misalnya seperti yang terlihat di gambar atas, di mana tampilan halaman Settings terlihat lebih menarik dengan sudut membulat itu. Begitu terlihat berbeda dan Microsoft menambahkan informasi di bagian bawah tombol “Check for Update.”

Leave a Reply

Send this to a friend