• Our Partners:

Win-11-Remote-Desktop

Microsoft Investigasi Masalah Remote Desktop di Windows 11

Microsoft sepertinya cukup banyak menerima beberapa laporan mengenai masalah pada beberapa fitur mereka setelah merilis Windows 11 2022, salah satunya ialah masalah Remote Desktop yang sempat mengalami gangguan di banyak penggunanya, Sabtu (08/10).

Kemarin, Microsoft telah menerima beberapa keluhan besar yang menyerang sistem mereka. Sebut saja permasalahan driver dari NVIDIA dan masalah ketika mencoba terhubung dengan perangkat printer. Namun, masalah ini telah dipecahkan dan pengguna bisa langsung menggunakannya seperti biasa.

Tetapi, masalah baru datang lagi. Kini menyerang pengguna yang mengakses fitur Remote Desktop, khususnya untuk mereka yang telah menggunakan Windows 11 2022. Laporan ini bukan hanya dilaporkan oleh pengguna biasa, melainkan langsung dari para pengembang dan IT Admin.

Salah satu laporan dari Bleeping Computer menyatakan bahwa setelah mereka melakukan pembaruan ke Windows 11 2022, kemudian mencoba untuk dapat terhubung ke PC menggunakan Remote Desktop maka mengalami gangguan untuk terhubng.

Masalah yang ditimbulkan juga bermacam-macam, sebut saja mulai dari gagalnya untuk mencoba terhubung, tiba-tiba terputus koneksinya, gagal terhubung, dan terkadang mengalami Freeze. Tentu ini akan sangat mengganggu dan tidak nyaman oleh mereka yang sering mengakses PC dari jarak jauh.

Meskipun pihak Microsoft belum langsung menyatakan di mana letak kesalahannya, tetapi mereka secara resmi telah memberikan konfirmasi langsung yang menyatakan akan memberikan solusi setelah proses investigasi mereka dapatkan.

Untuk saat ini, Microsoft menyarankan untuk melakukan Downgrade atau Rollback ke versi Windows 11 21H2, atau jika perlu pengguna bisa langsung mematikan dukungan UDP untuk kemudian berfungsi melakukan Bypass pada bug.

Bagi Anda yang masih asing dengan cara ini, Anda hanya perlu membuka DWORD 32 Bit Value atau ClientDisableUDP yang kemudian memilih Value 1 di Registry Key; HKLM\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows NT\Terminal Service\Client.

Masalah terkait Remote Desktop yang bermasalah ini memang baru dirasakan sekarang, para pengguna Windows 11 2022 tidak langsung merasakan masalah ini sesaat setelah mereka melakukan proses pembaruan. Hanya beberapa hari saja setelah mereka melakukan proses pembaruan, kemudian masalah Remote Desktop kurang memuaskan performanya.

Bagaimana menurut Anda? Jika Anda mengalami hal serupa atau keluhan lainnya, mungkin bisa langsung memberikan tanggapan di kolom komentar ya!

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend