Microsoft Diam-Diam Kembalikan Kemudahan Mengatur Browser Default di Windows 11

Microsoft Kembalikan Kemudahan Mengatur Browser Default di Windows 11

NESABAMEDIA.COMSalah satu hal paling menjengkelkan tentang Windows 11 adalah adanya perubahan tentang bagaimana cara pengguna dalam mengatur browser default mereka. Di versi sistem operasi sebelumnya, mengubah browser default dari Edge adalah proses yang sederhana, tinggal beberapa klik saja dan selesai. 

Namun seiring hadirnya Windows 11, hal kemudahan berganti browser default itu dihilangkan Microsoft. Pengguna pun dipaksa melalui daftar panjang terkait jenis file, mengatur masing-masing secara individual, dan yang jelas prosesnya menjadi jauh lebih rumit. Pada akhirnya pengguna pun mengeluh pemaksaan penggunaan browser yang dilakukan Microsoft itu.

Kabar baiknya, kini kemudahan mengganti peramban default di Windows 11 dikembalikan oleh Microsoft. Perubahan ini hadir pada awalnya diperkenalkan ke pengguna Windows Insider pada akhir Desember lalu, dan kini dengan pembaruan teranyar, kemudahan itu tersedia untuk semua pengguna Windows 11. 

Untuk mengatur browser default di Windows 11, pertama pastikan anda sudah memasang pembaruan kumulatif teranyar dari Windows 11, yakni KB5011563 dan versi sistem operasi anda telah berubah menjadi versi 22000.593. Jika belum, periksa halaman Windows Update di halaman Settings dan lakukan pembaruan sesuai dengan versi di atas atau yang lebih baru. 

Kemudian, cobalah untuk mengatur peramban default anda ke Chrome, Firefox atau selain dari browser Microsoft Edge. Langkahnya adalah dengan membuka halaman Settings (Win+i), klik pada halaman Aplikasi, dan Aplikasi Default kemudian pada Set Default for Applications, ketik nama browser yang ingin anda jadikan sebagai browser default. Yang jelas pastikan juga anda sudah mengunduh dan memasang browser tersebut. 

Setelahnya, Windows 11 akan mengubah semua aplikasi peramban default utama, dan menampilkan daftar apa saja yang telah berubah. Namun perlu dicatat bahwa aplikasi default untuk aplikasi tertentu seperti file PDF, akan tetap menggunakan Edge, dan browser ini juga masih menjadi browser default untuk membuka tautan di Widget dan pencarian Desktop atau di bagian lain yang menjadi area bawaan dari Windows 11. Setidaknya, hal ini cukup mendapatkan sambutan baik. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend