Microsoft Konfirmasi Bug Pengaturan Ulang di Windows 10 dan 11

Microsoft Konfirmasi Bug Pengaturan Ulang di Windows 10 dan 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengumumkan peringatan mengenai sebuah bug yang baru mereka temukan di Windows 10 dan 11, yang menyebabkan beberapa file tidak terhapus ketika melakukan pengaturan ulang perangkat.

Microsoft menjelaskan bahwa data tersebut masih ada, bahkan ketika pengguna memilih menggunakan opsi “Remove Everything”, dengan Windows 10 dan 11 yang terdampak bug ini. 

Bug tersebut terjadi di perangkat dengan aplikasi yang menggunakan folder data reparse, termasuk OneDrive, dan OneDrive for Business. Data reparse sendiri adalah data yang berada di perangkat lokal, atau dalam hal ini data yang ada di server awan.

“Saat mencoba mengatur ulang perangkat Windows dengan aplikasi yang memiliki folder dengan data reparse, seperti OneDrive atau OneDrive for Business, file yang telah diunduh atau disinkronkan secara lokal dari OneDrive, mungkin tidak terhapus saat memilih opsi ‘Remove Everything’. Masalah ini mungkin ditemui ketika mencoba mengatur ulang perangkat secara manual secara lokal, ataupun jarak jauh. Pengaturan ulang jarak jauh mungkin dimulai dari Mobile Device Management (MDM) atau aplikasi pengelola file lainnya, seperti Microsoft Intune atau alat pihak ketiga. File OneDrive yang hanya tersedia di awan atau cloud, yang belum diunduh atau dibuka di perangkat, tidak akan terpengaruh, karena file tersebut tidak diunduh atau disinkronkan secara lokal,” jelas Microsoft.

Pihak Microsoft juga memberikan catatan bahwa beberapa produsen perangkat dan beberapa dokumen mungkin akan memanggil fitur untuk mengatur ulang perangkat, seperti Push Button Reset, Reset This PC, Reset PC atau Fresh Start. 

Solusi Sementara

Ada dua cara untuk mengatasi masalah ini, yang bisa dijadikan sebagai solusi alternatif sampai perbaikan resmi dikirimkan.

Microsoft mengatakan, cara yang paling mudah adalah hanya dengan sign out, keluar akun Onedrive atau melepas tautan OneDrive sebelum mulai melakukan pengaturan ulang perangkat. Kedua adalah menghapus folder Windows.old yang secara otomatis akan dibuat ketika pengaturan ulang penuh selesai, sebab data-data sisa biasanya dipindahkan ke folder itu. 

Untuk saat ini tidak ada estimasi kapan perbaikan resmi penuh untuk semua perangkat akan dikirimkan oleh Microsoft.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend