Microsoft Perkenalkan Project Volterra, Langkah Berikutnya Untuk Windows on ARM

Microsoft Perkenalkan Project Volterra, Langkah Berikutnya Untuk Windows on ARM

NESABAMEDIA.COMPada hari pertama event Build 2022, salah satu pengumuman terbesar dari Microsoft adalah solusi Windows on ARM terbaru yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan dengan nama Project Volterra. Ini adalah sebuah Development Kit yang akan berjalan di platform Qualcomm Snapdragon.

Dalam event tersebut, Microsoft mengatakan bahwa Project Volterra akan menyediakan para pengembang Windows dengan layanan ke aplikasi ARM asli di platform. Ketika Development Kit diluncurkan akhir tahun nanti, pengembang akan bisa menggunakannya untuk membangun aplikasi dengan pemrosesan AI. 

Ini jelas merupakan langkah berikutnya dari Microsoft untuk meningkatkan minat pada Windows on ARM, sebuah platform yang telah berjuang agar bisa mendapatkan daya tariknya sejak diluncurkan. 

Pasalnya, Windows on ARM bisa dibilang sebagai sebuah bencana sejak menjalani debutnya pada tahun 2017 silam. Saat itu, Microsoft menandatangani kontrak eksklusif dengan Qualcomm namun perangkat Windows yang menjalankan ARM tidak pernah sukses. Karena kontrak eksklusif itu sekarang sudah berakhir, Qualcomm akan terus menawarkan chipsetnya namun tidak dalam kapasitas eksklusif seperti sebelumnya.

Microsoft menjelaskan Project Volterra sebagai sebuah platform ‘Intelligent Hybrid Compute”, yang berarti komputasi lokal dan awan melalui Azure. Pengembang akan mendapatkan akses ke Neural Processing Units (NPU), sesuatu yang dikatakan Microsoft akan menjadi komponen penting di kebanyakan perangkat komputer. 

Dalam beberapa bulan terakhir, Microsoft telah membuat banyak sekali kebisingan mengenai komputasi ujung. Sepertinya ini adalah pesan yang dibawa dari para pimpinan Microsoft. Memang, ketika menerbitkan laporan Q3 fiskal baru-baru ini, CEO Satya Nadella secara khusus berbicara mengenai pentingnya komputasi hybrid. 

“Lapisan AI, baik itu super komputer untuk pelatihan maupun lapisan inferensi, adalah tempat di mana anda akan melihat kami mengintegrasikan apa yang hari ini anda semua anggap sebagai dua bisnis yang berbeda. Apakah itu Azure atau Windows. Mereka hanya satu bisnis bagi saya, karena bagi saya, di mana pelatihan terjadi, dan di mana inferensi terjadi akan ditulis sekali oleh pengembang, dan kemudian akan aktif di seluruh lapisan terdistribusi ini.”

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend