Microsoft Rilis Pembaruan Darurat KB5004476 Perbaiki Masalah Xbox Game Pass

Microsoft Rilis Pembaruan Darurat KB5004476 Perbaiki Masalah Xbox Game Pass

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah merilis pembaruan darurat out of the box KB5004476 untuk Windows 10 yang ditujukan guna memperbaiki masalah dalam pemasangan atau saat memainkan game Xbox Game Pass. 

Sejak tahun 2019, sejumlah pengguna Windows 10 telah mengalami masalah saat memasang atau memainkan game yang ada di layanan Xbox Game Pass. Saat masalah tersebut terjadi, para pengguna akan diminta untuk memasang aplikasi Gaming Services dari Microsoft Store, yang kemudian justru memberikan error dengan kode 0x80073D26 atau 0x8007139F. 

Microsoft kemarin telah merilis perbaikan manual kemarin, yang juga menjelaskan bahwa untuk memperbaiki masalah itu bisa dilakukan secara manual dengan menghapus layanan Windows untuk aplikasi Game Services. Namun pihak Microsoft tidak pernah menyarankan pengguna untuk menghapus data Registry secara manual, karena sekecil apapun kesalahan bisa menyebabkan Windows menjadi tidak stabil. 

Untuk mempermudah perbaikan bug pada layanan Xbox Game Pass itu, Microsoft telah merilis pembaruan darurat KB5004476 tanpa pengguna harus secara manual menghapus kunci di Registry

“Memperbarui sebuah masalah yang mungkin akan mengarahkan pengguna ke halaman Microsoft Store untuk Gaming Services ketika pengguna mencoba untuk memasang atau memulai menjalankan game di Xbox Game Pass di perangkat Windows 10,” jelas bunyi pemberitahuan dalam halaman dukungan pembaruan tersebut.

Untuk memasang pembaruan itu, pengguna harus membuka halaman Windows Update di Settings dan menjalankan Check for Update secara manual. Windows Update akan menawarkan pembaruan KB5004476 sebagai pembaruan opsional. 

Sebelum mulai memasang pembaruan darurat KB5004476 out of the box ini, pengguna Windows disarankan terlebih dahulu untuk memasang pembaruan tanggal 11 Mei 2021 yakni pembaruan kumulatif KB5003173 atau yang lebih baru. 

Hal ini dilakukan agar proses pengunduhan dan pemasangan pembaruan tersebut bisa berjalan dengan lancar, mengingat beberapa versi Windows 10 juga memiliki masalah mendasar dengan sejumlah pembaruan tertentu, apabila salah satu versi atau pembaruan sebelumnya terlewati atau tidak terpasang. 

Masalah pembaruan semacam ini sudah seringkali terjadi, dan parahnya terkadang pengguna terpaksa harus melakukan rollback hingga ke beberapa versi sebelumnya, itu pun jika rutin melakukan pencadangan. 

Leave a Reply

Send this to a friend