Microsoft Rilis Script PowerShell Untuk Mengecek Kesiapan Peningkatan Perangkat ke Windows 11

Microsoft Rilis Script PowerShell Untuk Mengecek Kesiapan Peningkatan Perangkat ke Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft baru saja mengumumkan perilisan dari script PowerShell yang berfungsi memeriksa kesiapan perangkat keras untuk peningkatan Windows 11, dan menjanjikan bahwa alat Endpoint Analytics akan tiba dalam beberapa hari ke depan.

Persyaratan perangkat keras minimum Windows 11 mengecualikan PC yang baru berusia tiga tahun. Tantangan utamanya adalah persyaratan Microsoft untuk PC yang membutuhkan sebagian besar prosesor generasi kedelapan. Sistem operasi Windows 11 yang semuanya merupakan versi 64-bit juga mengharuskan mesin memasang chip Trusted Platform Module (TPM) 2.0, meskipun itu telah menjadi persyaratan untuk PC baru sejak 28 Juli 2016.

Script Powershell

Organisasi yang menggunakan banyak PC mungkin menginginkan cara cepat untuk melihat apakah armada PC mereka mampu melakukan peningkatan ke Windows 11, berdasarkan persyaratan perangkat keras. Sayangnya, script PowerShell yang baru dirilis hanya berjalan secara lokal di PC. Diperlukan alat tambahan seperti layanan Microsoft Endpoint Manager atau Microsoft Intune untuk memeriksa kesiapan perangkat keras Windows 11 di seluruh lingkungan komputasi.

“Untuk menentukan apakah perangkat individual memenuhi persyaratan sistem untuk Windows 11, anda dapat menjalankan skrip secara lokal dari perintah PowerShell yang ditinggikan hak aksesnya. Untuk menjalankan skrip dalam skala besar, kami sarankan untuk memanfaatkan Microsoft Endpoint Manager,” ungkap Microsoft.

Sangat mungkin bagi pengguna produk Configuration Manager yang lebih lama untuk menjalankan script PowerShell Microsoft menggunakan fitur “Jalankan Skrip”.

Script PowerShell akan mencantumkan alasan mengapa PC gagal dalam pemeriksaan pemutakhiran Windows 11 berdasarkan penyimpanan, memori, prosesor, Secure Boot, dan tidak adanya chip TPM 2.0.

Pembaruan Endpoint Analytics

Organisasi akan mendapatkan gambaran grafis yang bagus tentang kesiapan PC dalam peningkatan ke Windows 11 ketika Microsoft memperbarui “Laporan Kerja dari Mana Saja” di produk Endpoint Analytics-nya. Endpoint Analytics sebenarnya adalah bagian dari layanan Skor Produktivitas Microsoft, yang biasanya digunakan untuk menilai layanan Microsoft 365 di organisasi.

Microsoft menjelaskan dalam dokumen ini bahwa “perangkat yang terdaftar dalam Endpoint Analytics memerlukan lisensi Microsoft Endpoint Manager yang valid,” ditambah lisensi E3 atau E5 Windows 10 Enterprise atau Education.

Kemampuan kesiapan pemutakhiran Windows 11 di Endpoint Analytics akan segera hadir dan Configuration Manager versi 2107 atau yang lebih baru akan diperlukan.

Awal bulan ini, Microsoft telah menyarankan bahwa pengelola perangkat Windows 11 dapat mengandalkan penggunaan alat yang sama yang digunakan dengan Windows 10.

Consumer Tools

Bagi konsumen yang ingin memeriksa kemampuan peningkatan ke Windows 11, Microsoft menawarkan aplikasi PC Health Check. Microsoft juga menjelaskan dalam artikel dukungan mereka tentang “Persyaratan Sistem Windows 11” bahwa Pembaruan Windows pada mesin Windows juga “akan menawarkan cara untuk mengakses kelayakan pemutakhiran.”

Pengguna harus menunggu penilaian Pembaruan Windows tentang kemampuan kesiapan peningkatan Windows 11 PC sebelum mencoba mengatasi masalah perangkat keras apa pun.

“Dengan salah satu skenario di mana anda membuat perubahan pada PC anda agar memenuhi syarat untuk ditingkatkan, kami sarankan anda menunggu untuk meningkatkan hingga Pembaruan Windows memberitahu bahwa Windows 11 siap untuk perangkat anda,” jelas Microsoft dalam artikel di halaman dukungannya.

Perangkat Windows 10 yang tidak memenuhi syarat untuk pemutakhiran Windows 11 akan tetap didukung hingga 14 Oktober 2025.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend