Microsoft Rilis Taskbar Yang Dioptimalkan Untuk Tablet ke Penguji

Microsoft Rilis Taskbar Yang Dioptimalkan Untuk Tablet ke Penguji

NESABAMEDIA.COMDirilisnya Windows 11 Build 22581, yang sekarang ini sudah aktif di saluran Pengembang dan Beta, telah dianggap oleh Microsoft sebagai peluang sempurna untuk membuat Taskbar baru yang dioptimalkan untuk tablet, tersedia bagi semua penguji yang ada di sana.

Dengan kata lain, jika anda merupakan bagian dari program Windows Insider, anda seharusnya sudah bisa mencoba Taskbar baru yang telah dibuat secara khusus untuk perangkat tablet. Taskbar ini pertama kali diperkenalkan pada Build 22563, dan secara eksklusif tersedia di perangkat yang bisa digunakan sebagai tablet, seperti Microsoft Surface.

Taskbar baru di Windows 11 Build 22581 ini memiliki fitur menciutkan yang hanya akan menampilkan ikon status kritis dan mode diperluas yang memungkinkan untuk setiap interaksi melalui sentuhan. 

“Kami memperkenalkan status Taskbar baru yang dirancang khusus untuk membuat anda merasa lebih percaya diri dan nyaman menggunakan perangkat anda sebagai tablet. Taskbar anda akan secara otomatis bertransisi ke versi yang dioptimalkan ini saat anda melepaskan atau melipat kembali keyboard pada perangkat 2-in-1 anda. Fitur ini hanya bisa berfungsi pada perangkat yang dapat digunakan sebagai tablet. Ini tidak akan berfungsi pada perangkat laptop atau PC desktop,” ungkap Microsoft ketika menjelaskan fitur tersebut saat diluncurkan.

Saat ini ada dua status yang didukung oleh Taskbar baru tersebut, yakni diciutkan dan diperluas. Dalam keadaan diciutkan, Taskbar akan keluar, memberikan anda lebih banyak ruang layar, dan mencegah anda memanggil Taskbar secara tidak sengaja saat anda memegang tablet.

Dalam keadaan diperluas, Taskbar dioptimalkan agar lebih mudah digunakan dengan sentuhan. Anda bisa dengan mudah beralih di antara dua status tersebut dengan menggeser ke atas dan ke bawah di bagian bawah perangkat anda. 

Seperti biasanya, Taskbar baru yang dioptimalkan untuk tablet ini masih belum memiliki tanggal rilis pasti. Namun karena sekarang sudah tersedia untuk semua penguji di Windows Insider, seharusnya kedatangannya tidak akan memakan waktu lebih lebih lagi, sebelum akhirnya diluncurkan ke build produksi Windows 11 untuk pengguna publik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend