Microsoft Segera Rilis Layanan Penjadwalan Meeting Scheduler

Microsoft Segera Rilis Layanan Penjadwalan Meeting Scheduler

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dilaporkan mulai meluncurkan fitur baru untuk penjadwalan meeting (Scheduler) dan pendiktean yang akan diaktifkan lewat Cortana, teknologi asisten digitalnya, untuk para pengguna Microsoft 365 dan juga Outlook di iOS. 

Fitur Microsoft Scheduler kemungkinan Cortana bertindak sebagai ujung depan dalam menjadwalkan pertemuan atau rapat dengan orang-orang yang berada di luar organisasi pengguna. Microsoft juga meluncurkan beberapa kemampuan baru di dalam Cortana lainnya di bagian suara untuk Outlook di iOS, mulai kemarin.

Fitur Scheduler itu pada awalnya adalah sebuah bot dengan teknologi AI yang bernama Calendar.help. Microsoft kemudian melakukan rebranding teknologi tersebut sebagai Scheduler pada tahun 2019 lalu. Tujuan dari Microsoft itu adalah untuk merilis layanan penjadwalan di tahun 2020, namun sayangnya harus ditunda karena adanya wabah pandemi. 

Scheduler akan memanfaatkan Cortana untuk mengatur kapan rapat atau pertemuan akan dilakukan. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk memakai kueri bahasa asli, seperti “Carikan waktu untuk saya dan rekan saya bernama Toni untuk bertemu saat sarapan pagi minggu depan,” dalam mengatur penjadwalan. 

Nantinya, layanan backend akan mencari ketersediaan pihak-pihak yang terkait melalui email sebelum mengirimkan undangan. Scheduler ini juga bisa melakukan penjadwalan ulang atau bahkan membatalkan rapat atau pertemuan yang telah dijadwalkan sebelumnya. 

Namun dalam kasus jika nantinya fitur tersebut tidak mampu untuk menyelesaikan permintaan penjadwalan, Microsoft akan mengandalkan sumber daya manusia guna menemukan inkonsistensi atau kendala untuk memberikan solusi yang diperlukan. 

“Bantuan manusia yang mendukung Cortana adalah bagian dari Standar Privasi & Jaminan Pemasok Microsoft dan akan dibatasi oleh pernyataan privasi kami,” kata pihak Microsoft. 

Pihaknya juga menekankan bahwa meskipun asisten manusia akan memiliki akses ke percakapan email, data grafik, dan informasi milik pengguna lainnya, mereka tidak akan memiliki akses ke tautan atau lampiran yang ada. Selain itu, Scheduler juga tidak akan memproses email yang terenkripsi yang dikirim ke inbox Cortana. 

Admin nantinya harus mengaktifkan fitur Scheduler ini menggunakan PowerShell untuk bisa membuat sebuah kotak surat kustom dan mengkonfigurasikannya untuk memproses permintaan penjadwalan pertemuan atau rapat. 

Pengguna bisa membeli fitur baru ini melalui Microsoft 365 Admin Center. Meski sebuah perusahaan atau pengguna telah memiliki Cortana untuk Windows 10 atau fitur email Cortana yang aktif, mereka masih diharuskan membelinya secara terpisah. 

Leave a Reply

Send this to a friend