Apa Itu Cortana? Mengenal Pengertian Cortana di Windows 10

Apa Itu Cortana? Mengenal Pengertian Cortana di Windows 10

Pada awalnya Cortana muncul sebagai salah satu fitur di dalam Windows Phone, lalu hadir di dalam Windows 10 pada bulan Januari 2015, dan kemudian dikembangkan untuk berbagai perangkat lain seperti perangkat-perangkat Android, iOS, smart speaker, Xbox, thermostat, dan lain-lain.

Diduga karena kalah bersaing dengan asisten virtual lainnya (Google Assistant, Alexa, Siri, dan lain-lain), Microsoft akhirnya mengumumkan untuk menghentikan pengembangan Cortana pada perangkat lain selain komputer desktop berbasis Windows.

Apa Itu Cortana?

Apa Itu Cortana?

Cortana adalah asisten virtual buatan Microsoft yang fungsionalitasnya lebih dari sekedar mencari dan menyajikan dokumen yang diinginkan pengguna. Nama Cortana itu sendiri diambil dari salah satu karakter fiktif di dalam game Halo.

Cortana menggunakan teknologi AI dan mesin pencari Bing untuk memenuhi permintaan pengguna. Seperti asisten virtual pada umumnya, Cortana bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas anda, misalnya dengan cara:

  • Mengatur alarm sebagai pengingat agenda harian
  • Membuat jadwal aktivitas
  • Menyusun dan mengirim email melalui perintah suara
  • Menggunakan Google Calendar
  • Melacak jadwal penerbangan

Cortana juga bisa digunakan untuk mencari restoran terdekat, menampilkan kondisi cuaca hari ini, mencari file di OneDrive dan media penyimpanan lokal seperti harddisk, memberitahu pengguna ketika grup band favoritnya sedang mengadakan tour di kota tempat tinggalnya, menjadi pengganti kalkulator, mengidentifikasi judul lagu, mencari informasi di internet, konversi mata uang, dan sebagainya.

Cortana Sebagai Pengingat Agenda

Mengenal Apa Itu Cortana

Fitur yang paling bermanfaat dari Cortana adalah fitur reminder (pengingat).

Anda bisa diingatkan untuk melakukan sesuatu ketika anda berinteraksi dengan seorang teman yang namanya tercantum di dalam daftar kontak anda.

Sebagai contoh, anda ingin diingatkan untuk menanyakan jadwal pertemuan ke seorang teman yang bernama Ana. Begitu anda menerima email dari Ana, atau mengirim email ke Ana, Cortana akan mengingatkan anda untuk mengajukan pertanyaan tersebut.

Cortana juga berfungsi sebagai pengingat berbasis waktu. Contohnya, anggaplah anda ingin mengisi bensin motor malam ini, lalu meminta Cortana untuk mengingatkan anda. Cortana akan merespon perintah anda dengan meminta detail lebih lanjut seperti pada jam berapa anda hendak mengisi bensin dan apakah anda ingin diingatkan lagi di waktu lain untuk mengisi bensin lagi.

Kekurangan Cortana dan Solusinya

Kekurangan terbesar Cortana adalah pemaksaan Bing sebagai mesin pencari saat anda meminta Cortana untuk mencari informasi tertentu dari internet. Tidak semua orang menyukai Bing dan pemaksaan ini justru menurunkan pamor Cortana.

Banyak yang lebih memilih Google Search atau bahkan DuckDuckGo daripada Bing. Untuk mencegah Cortana menggunakan Bing, muncul solusi-solusi dari pihak ketiga seperti Edge Deflector, Search Deflector, Chrometana, dan lain-lain.

Di sisi lain, sebagian pengguna memilih berhenti menggunakan Cortana. Sebagai gantinya, untuk mencari file, tersedia Everything atau Listary. Untuk mengingatkan aktivitas sehari-hari, tersedia Todoist, Wunderlist, TickTick, dan lain-lain.

Leave a Reply

Send this to a friend