Apa itu Moodle? Mengenal Pengertian Moodle

Apa itu Moodle? Mengenal Pengertian Moodle

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin cepat. Kecanggihan teknologi sudah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah di bidang pendidikan. Kemajuan teknologi tersebut membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Terlebih di kondisi pandemi sekarang ini semua pembelajaran yang dilakukan harus melalui daring alias online. Hal inilah yang membuat banyak guru atau sekolah mulai menggunakan E-learning meskipun sebenarnya sudah banyak yang menggunakan pembelaran E-learning.

Salah satu E-learning yang terkenal adalah Moodle. Moodle akan membantu membuat pembelajaran menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan tentunya fleksibel. Tentu saja Moodle berbeda dengan pembelajaran yang hanya melalui buku. Informasi mengenai Moodle akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian Moodle

Pengertian Moodle

Moodle merupakan E-learning yang dikembangkan oleh Martin Gougiamas. Moodle dipakai untuk membuat atau mengadakan pelatihan, seperti latihan soal dan berbagai latihan lain yang berbasis internet.

Perlu Anda ketahui bahwa Moodle merupakan singkatan Modulator Object Oritented Dynamic Learning Environtment. Artinya, sebuah program yang diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang dinamis akan tetapi tetap mengutamakan orientasi objek.

Platform Moodle bekerja dengan menggunakan Computer Assisted Learning serta Computer Assited Teaching. Ada dua model di Moodle yang membuatnya dinamakan sebagai LSM atau (Learning Management System). Selain itu, program ini juga telah mendapatkan lisensi sebagai program atau E-learning open source. Itu artinya, Moodle memiliki hak cipta namun Anda masih bisa mengcopnya dan bahkan Anda memiliki hak untuk melakukan modifikasi.

Apa Saja Kelebihan Moodle?

Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dari E-learning Moodle? Berikut ini jawabannya.

1. Gratis

Kelebihan yang pertama adalah Moodle merupakan program E-learning yang bisa Anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya. Itu artinya, Anda bisa menggunakan Moodle secara gratis dan mengakses semua fitur yang disediakan. Bukan itu saja, dikarenakan Moodle sudah bersifat open source sehingga Anda bisa mengembangkannya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

2. Mudah Digunakan

Siapa saja bisa menggunakan Moodle. E-learning yang satu ini memang dibuat semudah mungkin agar siapa pun pengguna yang memakai Moodle tidak mengalami kesulitan mengoperasikannya. Anda bisa menggunakan Moodle baik sebagai siswa, pengajar, maupun administrator. Kemudahan yang diberikan bisa Anda temukan pada 3 hal di bawah ini:

  • Tampilan yang intuitif sehingga memberikan kemudahan dalam memahami cara menggunakan Moodle
  • Terdapat fitur drag and drop untuk memberikan kemudahan dalam memberikan materi pembelajaran
  • Terdapat Dokumentasi yang sudah tersedia dan telah dilengkapi tutorial Moodle yang sudah banyak dibuat oleh komunitas

3. Fleksibel

Moodle telah mendukung berbagai skala pembelajaran mulai dari skala kecil yang hanya berisi beberapa orang sampai dengan skala besar. Bahkan untuk skala besar jumlahnya bisa mencapai ribuan seperti yang digunakan untuk sekolah maupun perusahaan. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membuat kelas pembelajaran dengan jumlah siswa yang banyak.

Beberapa kelebihan lainnya dari Moodle yaitu:

  • Aman
  • Sudah terintegrasi
  • Dapat dikustomisasi
  • Mendukung plugin (menyediakan tidak kurang dari 1677 plugin)
  • Mobile friendly
  • Mendukung banyak bahasa

Leave a Reply

Send this to a friend