• Our Partners:

Fitur 'Eye Contact' di Surface Pro X

Microsoft Siap Rilis Fitur ‘Eye Contact’ Untuk Surface Pro X

Fitur AI-powered “Eye Contact” dari Microsoft siap dirilis untuk Surface Pro X. Sebelumnya fitur ini sudah dirilis untuk laptop Surface, terutama yang ditenagai dengan ARM, pada tahun lalu. Meski cukup terlambat, kehadiran fitur yang kurang lebih sama dengan FaceTime di iOS 14 tersebut cukup dinanti-nanti.

“Eye Contact” akan menjadi bagian dari update Windows 10 Insider Preview Build 20175. Sehingga nyaris bisa dipastikan akan meluncur dalam waktu dekat.

Berdasarkan keterangan Microsoft, seperti disadur dari The Verge, fitur ini bergantung pada kemampuan “artificial intelligence pada prosesor Microsoft SQ1 processor.” Nantinya “Eye Contact” akan menyesuaikan posisi mata atau pandangan ketika melakukan panggilan video call atau chat. Memastikan pengguna akan selalu membuat eye contact dengan kamera.

Bahkan bila misalnya posisi kamera berada di samping. Maupun saat pengguna menundukan wajah.

Ketika diaktifkan, fitur ini akan secara otomatis bekerja di semua aplikasi yang menggunakan kamera depan. Seperti Skype, Google Meet, atau Zoom. Meski di Surface Pro X, fitur ini hanya akan bekerha ketika menggunakan landscape mode.

Fitur 'Eye Contact' di Surface Pro X

Foto: The Verge

“AI memahami di mana penempatan kamera dibandingkan dengan tempat Anda melihat dalam video, dan itu mengalihkan mata Anda ke bawah [atau ke atas],” direktur Perangkat Microsoft Megan Solar mengatakan kepada VentureBeat.

“Ini menciptakan perasaan bahwa Anda sedang bertatapan dari mata ke mata.”

Dalam wawancara dengan VentureBeat tahun lalu, Microsoft mengindikasikan teknologi “Eye Contact” melibatkan kapabilitas dari prosesor SQ1, yang menggunakan ARM. Membuat fitur ini juga akan bekerja pada Surface X. Sehingga bisa dipastikan fitur ini tidak akan bekerja pada komputer x86 Windows.

Microsoft sebenarnya bukan yang pertama bekerja dengan inovasi AI-corrected gazes melalui fitur “Eye Contact”. Apple sebelumnya sudah merilis fitur “FaceTime Attention Correction”, yang awalnya tersedia di versi beta iOS13. Meski saat itu fitur ini tidak jadi disertakan pada pembaharuan sistem operasi.

Di sisi lain, Apple iOS 14 justru menyertakan fitur ini dalam pembaharuan nantinya. Sehingga pada akhirnya, pengguna iPhone dan iPad juga akan menggunakan fitur ini. Bahkan bisa jadi sebelum Windows benar-benar meluncurkan “Eye Contact” ke pengguna Surface Pro X.

Leave a Reply

Send this to a friend