Microsoft Siapkan Laptop Window 11 SE Untuk Saingi Chromebook

Microsoft Siapkan Laptop Window 11 SE Untuk Saingi Chromebook

Setelah gagal menggoyahkan pangsa pasar Chromebook, Microsoft tampaknya berupaya untuk mengambil alih pasar Edukasi kelas anggaran dengan sistem operasi baru yang lebih ringan dan perangkat laptop yang terjangkau.

Dari sumber yang diterima nesabamedia.com, diklaim bahwa Microsoft saat ini sedang mengerjakan perangkat laptop baru yang ditujukan untuk pasar pendidikan K-12. Perangkat itu dibundel dengan Windows 11 SE, sistem operasi yang dibuat khusus untuk komputer murah. Sumber tersebut juga mengatakan bahwa laptop baru itu mungkin dijual dengan merek Surface, kemungkinan disebut Surface Laptop SE. Tidak ada informasi tentang apa arti SE, tetapi mungkin itu adalah singkatan dari Student Edition (Edisi Pelajar).

Laptop baru, dengan nama kode Tenjin, tidak akan menjadi yang terdepan dengan cara apa pun. Sumber mengklaim bahwa laptop baru ini akan menggunakan bodi plastik, resolusi 1377×768, prosesor Intel Celeron N4120 dan RAM hingga 8GB.

Meskipun konfigurasi ini tidak besar menurut standar saat ini, namun spesifikasinya lebih tinggi daripada semua Chromebook yang ada saat ini dengan harga di bawah Rp7 jutaan. Memang, itu bisa juga karena Windows adalah sistem operasi yang lebih berat daripada Chrome OS. Meskipun demikian, hal ini dapat memberi guru dan siswa lebih banyak ruang untuk bekerja daripada perangkat Chrome.

Ini bukan pertama kalinya Microsoft mencoba mengambil alih dominasi Google di pasar laptop murah dan terjangkau. Windows RT adalah merek Windows 8 yang berjalan pada prosesor ARM. Itu kemudian digantikan oleh Windows 10 S, yang dihapus pada Maret 2018. Dan kemudian pada tahun 2020, Microsoft mengumumkan Windows 10X, yang akhirnya juga dibatalkan. Namun, banyak elemen desain Windows 10X terintegrasi ke dalam Windows 11.

Bagaimanapun itu, perangkat Microsoft baru ini perlu dihargai secara agresif. Banyak Chromebook dari HP, Acer, dan Dell menargetkan harga di bawah Rp5 jutaan. Dan begitu pihak sekolah menggunakan satu set mesin baru, mereka mencoba dan menggunakan mesin itu selama mungkin sebelum bermigrasi ke perangkat lain. Strategi Microsoft untuk bisa mengambil alih pasar Edukasi ini harus kuat secara fungsional dan berfokus pada nilai.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend