Microsoft Umumkan Bahwa Windows 10X Telah Mati

Microsoft Umumkan Windows 10X Telah Mati

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengeluarkan konfirmasi resmi bahwa mulai hari ini mereka tidak memiliki rencana untuk merilis Windows 10X. Sistem operasi itu pada awalnya akan dihadirkan untuk perangkat layar ganda seperti Surface Neo, yang memiliki sifat ringan dan telah disederhanakan fitur serta antarmukanya.

Sistem operasi ini dirancang sebelum hadirnya wabah pandemi, namun kemudian Microsoft memutuskan untuk memprioritaskan Windows 10X untuk perangkat layar tunggal seperti laptop. Akan tetapi kini Windows 10X telah berakhir, dan Microsoft akan mengalihkan sumber daya mereka ke Windows 10. 

“Daripada menghadirkan sebuah produk bernama Windows 10X ke pasar pada tahun 2021 ini, seperti yang kami inginkan sebelumnya, kami kemudian mempelajari bagaimana riwayat perjalanan yang kami ambil sejauh ini yang kemudian memutuskan untuk lebih mengintegrasikan pondasi di Windows 10X dan teknologinya ke bagian lain dari Windows dan produk-produk Microsoft lainnya,” ungkap John Cable, Kepala Layanan dan Distribusi Windows.

Beberapa dari peralihan teknologi dan fitur itu bisa dilihat dari bentuk baru pemanfaatan teknologi kontainer aplikasi, Voice Typing yang lebih baik, dan modernisasi keyboard sentuh untuk Windows 10. Microsoft mengatakan kini mereka akan melanjutkan untuk berinvestasi di area di mana teknologi Windows 10X lebih masuk akal untuk diterapkan baik itu di perangkat lunak atau perangkat keras di masa mendatang. 

Dengan demikian, sepertinya tidak akan ada produk Surface Neo yang baru dalam waktu dekat ini.

Sistem operasi yang sejatinya akan dirilis pada tahun 2021 ini, digadang-gadang akan menjadi kompetitor utama dari Chrome OS, dan Microsoft telah menghabiskan bertahun-tahun untuk melakukan modernisasi Windows dengan menghadirkan sistem operasi yang lebih ringan ke pasaran. 

Windows RT pertama kali diluncurkan bersamaan dengan tablet Surface di tahun 2021, dan kemudian Windows 10S hadir di tahun 2017. Namun keduanya gagal sebagai sistem operasi yang ditujukan untuk menyederhanakan Windows, tetapi Windows 10X tampak lebih menjanjikan dengan beberapa fiturnya, yang kini sebagian justru muncul di Windows 10. 

Ketika Microsoft telah meluncurkan pembaruan Windows 10 Mei 2021 yang lebih kecil kemarin, pembaruan yang lebih besar direncanakan hadir pada Oktober mendatang. Pembaruan utama yang lebih besar itu akan menghadirkan sejumlah perubahan tampilan seperti ikon sistem yang baru, peningkatan File Explorer dan mengakhiri ikon era Windows 95

Leave a Reply

Send this to a friend