Microsoft Store Kini Miliki Portal Web Dengan Desain Windows 11

Microsoft Store Kini Miliki Portal Web Dengan Desain Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft merilis sebuah versi yang didesain ulang dari Microsoft Store dengan Windows 11, dan perubahan ini juga akan hadir untuk Windows 10 juga. Sepertinya mereka juga ingin meningkatkan pengalaman web portal. Meskipun Microsoft belum secara resmi mengkonfirmasinya, sebuah tampilan halaman beranda dari toko aplikasi itu telah terlihat. 

Versi untuk umum dari Microsoft Store berada di microsoft.com, tetapi sepertinya perusahaan juga sedang mengerjakan versi yang diperbarui di apps.microsoft.com. Halaman baru itu berjudul Windows Apps Preview, yang sejalan dengan konvensi penamaan pengalaman saat ini yang dijuluki Windows Apps dan tidak menyertakan teks Preview. 

Halaman yang diperbarui itu memiliki tujuan yang sama untuk menawarkan kepada pengguna sebuah portal online yang bisa digunakan untuk menjelajahi konten saat pengguna tidak memiliki akses ke perangkat yang telah memasang Microsoft Store. 

Bahasa desain Windows Apps Preview itu lebih mirip dengan Windows 11, yang memiliki ikon minimalis baru dan sudut membulat. Ini tidak terlalu mencolok seperti aplikasi Microsoft Store yang sebenarnya, dan juga tidak memiliki mode gelap. Namun sekali lagi, ini masih dalam versi pratinjau.  

Ada beberapa estetika lain yang hilang, sehingga terasa tidak sejalan dengan pengalaman Microsoft Store saat ini, namun ini memiliki tujuan yang jelas. Fungsionalitas inti, termasuk ulasan, peringkat, deskripsi aplikasi dan tombol pemasangan, semuanya ada di sana. 

Yang lebih menarik lagi pada tahap ini adalah portal tersebut hanya menawarkan aplikasi, tidak ada penawaran untuk game, film atau acara TV. Mengklik opsi khusus untuk salah satu kategori yang ada di menu drop-down, akan membawa pengguna ke portal web yang tersedia secara umum di microsoft.com

Sementara, peningkatan yang banyak mendapatkan sorotan dalam perubahan ini adalah bahwa aplikasi Win32 yang tidak dikemas atau unpacked, juga akan terdaftar. Kemungkinan Microsoft akan lebih memoles dan memperluas pengalaman ini dalam beberapa minggu atau beberapa bulan mendatang, sebelum mengumumkan perubahan dan versi baru itu secara resmi, yang tanggalnya juga belum diketahui. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend