Yang Baru di Windows 11 Microsoft Store

Yang Baru di Windows 11: Microsoft Store

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mendesain ulang toko aplikasi mereka untuk Windows 11 dengan harapan menjadikannya semakin relevan dan lebih terbuka bagi pengembang. Dalam versi baru ini, Microsoft Store telah sepenuhnya dirombak dengan antarmuka baru yang sesuai dengan bahasa desain baru Windows dan memudahkan serta mempercepat pengguna untuk menemukan dan mengunduh aplikasi, game, acara, dan film.

Namun, perubahan paling signifikan mungkin adalah kebijakan baru yang memungkinkan pengembang dan vendor perangkat lunak independen untuk membawa hampir semua bentuk aplikasi ke Microsoft Store, termasuk Win32 tradisional (unpackaged .exe dan .msi), .NET, dan Progressive Web Apps ( PWA), serta juga opsi untuk membiarkan mereka menyimpan 100 persen pendapatan saat menggunakan platform monetisasi mereka sendiri.

Microsoft akan terus menawarkan teknologi monetisasi yang memungkinkan perusahaan mempertahankan persentase kecil dari penjualan. Namun, pengembang akan memiliki pilihan untuk menggunakan sistem monetisasi mereka sendiri.

Pengalaman Microsoft Windows 11 Store Baru

Aplikasi Microsoft Store baru mengikuti bahasa desain yang sama yang didorong oleh perusahaan pada Windows 11 dengan sudut membulat, materi Fluent Design seperti Mica, animasi baru, dan pengalaman yang sederhana serta responsif.

Saat membuka aplikasi, anda akan melihat carousel yang menyertakan koleksi aplikasi terbaik bersama dengan ulasannya. Anda akan menemukan bagian berbeda yang menampilkan aplikasi penting, game, aplikasi gratis teratas, dan lainnya saat menggulir ke bawah.

Ada kotak pencarian baru di bagian tengah atas yang memungkinkan anda mencari dan dengan cepat menemukan aplikasi serta hiburan yang diinginkan.

Kali ini, panel navigasi ada di sebelah kiri dengan tombol untuk mengakses berbagai tab, termasuk “Beranda”, “Aplikasi”, “Permainan”, dan “Film & TV”, serta “Library” dan “Bantuan”.

Di tab Beranda di situlah anda akan menemukan daftar konten yang telah diulas, yang bisa anda dapatkan dari Store. Selain itu, anda akan melihat carousel baru di bagian atas halaman yang menampilkan aplikasi, game, dan video teratas yang ditawarkan Microsoft Store.

Halaman ini juga dibagi menjadi beberapa bagian untuk menampilkan aplikasi penting dan teratas, game gratis, konten yang sedang tren, dan banyak lagi.

Tab Aplikasi terlihat mirip dengan tab Beranda, tetapi ini didedikasikan untuk semua aplikasi yang dapat diunduh di komputer Windows 11.

Tab Permainan dan Film & TV menampilkan tata letak yang serupa, tetapi menampilkan konten yang terkait dengan kategorinya.

Saat memilih aplikasi, game, atau video, anda akan melihat animasi transisi baru yang membawa Anda ke halaman produk. Juga, tergantung pada kontennya, anda akan mendapatkan tata letak baru untuk mempelajari lebih lanjut dan mengunduh produk.

Tidak seperti halaman Aplikasi, Anda akan mendapatkan bilah mengambang dengan nama dan opsi untuk mengunduh produk saat Anda menggulir ke bawah.

Lalu ada halaman Library yang mencantumkan semua aplikasi yang anda miliki di seluruh perangkat yang terkait dengan akun Microsoft yang sama. Anda dapat mengurutkan daftar menurut aplikasi, game, film dan acara, serta aplikasi yang disertakan dengan perangkat.

Kemudian juga ada tombol ‘dapatkan pembaruan’ yang memungkinkan anda memeriksa dan mengunduh pembaruan untuk aplikasi Microsoft Store secara manual. Namun, ini seharusnya tidak diperlukan karena, secara default, aplikasi ini diperbarui secara otomatis.

Di pojok kanan atas, itulah menu profil yang memberi anda akses untuk mengelola akun dan opsi pembayaran. 

Halaman pengaturan aplikasi juga telah didesain ulang, dan terlihat mirip dengan aplikasi Settings. Di sini, anda dapat mengontrol berbagai aspek aplikasi. Misalnya, anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pembaruan otomatis dan mengatur pengalaman, sehingga anda tidak pernah diminta memasukkan kata sandi ketika melakukan pembelian.

Juga, mirip dengan versi aplikasi sebelumnya, ada opsi untuk izin offline dan menonaktifkan putar otomatis video saat melihat produk.

Kesimpulannya, pengguna Windows 11 akan mendapatkan Microsoft Store yang sama, tetapi dengan antarmuka dan penyesuaian yang berbeda untuk membuat pengalaman lebih cepat dan lancar. Selain itu, karena perusahaan melonggarkan aturan dan menambahkan perubahan baru untuk pengembang, kini anda dapat menemukan lebih banyak aplikasi, termasuk aplikasi tradisional, modern, dan web.

Leave a Reply

Send this to a friend