Program Microsoft Windows File Recovery Tool

Microsoft Tambahkan Dua Metode Baru di Program Windows File Recovery

NESABAMEDIA.COMPada bulan Juni 2020 lalu, Microsoft merilis sebuah tool baru yang memiliki fungsi menarik ke Microsoft Store. Tool di Microsoft Windows 10 ini adalah Windows File Recovery, sebuah alat perintah baris yang akan membantu pengguna untuk mengembalikan foto, dokumen, video dan data lainnya meskipun data tersebut telah terhapus dari hardisk. Bahkan juga bisa mengembalikan data di kartu SD atau kamera, namun tidak bisa untuk drive yang ada di jaringan. 

Kini, Microsoft telah memperbarui tool Windows File Recovery untuk Windows Insider yang membawa peningkatan performa, perbaikan bugs, dan pengenalan pada 2 mode recovery yang telah disederhanakan. 

Pertama adalah Regular Mode, yang merupakan pilihan recovery cepat untuk file NTFS dan didesain pada file yang baru saja dihapus dan mungkin masih belum tertumpuk.  

Kedua adalah Extensive Mode, yang merupakan metode pencarian yang diterapkan pada file sistem dan recovery pada file di drive yang mengalami kerusakan sekalipun. 

Fitur terbarunya yakni mendukung:

  • Pencarian pada nama file, kata kunci, lokasi file, atau ekstensi yang ingin dikembalikan
  • File dengan jenis JPEG, PDF, PNG, MPEG, file Office, MP3 dan MP4, file arsip dan lainnya
  • Mengembalikan file yang ada di HDD, SSD, USB dan juga kartu memori
  • Mendukung jenis NTFS, FAT, exFAT dan file sistem ReFS

Pembaruan ini telah tersedia untuk pengguna yang tergabung dalam program Windows Insider dan akan dirilis ke pengguna umum dan versi stabil pada awal tahun 2021 ini. 

Jadi secara garis besar, pengguna tidak perlu lagi kebingungan ketika mereka secara tidak sengaja menghapus data dan dokumen mereka. Karena data dan dokumen itu bisa dikembalikan dengan Windows File Recovery ini. 

Selain itu juga, pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi atau software dari pihak ketiga, yang biasanya berbayar atau bisa digunakan secara gratis namun dengan batasan tertentu. Seperti pembatasan jumlah file dan ukuran yang bisa dikembalikan. 

Namun, Windows File Recovery ini mungkin kurang ramah bagi para pengguna awam. Karena diharuskan memakai baris perintah dan tampilan antarmukanya yang agak sulit melakukan navigasi. 

Leave a Reply

Send this to a friend