Microsoft Tambahkan Fitur Baru ke File Explorer Dengan PowerToys

Microsoft Tambahkan Fitur Baru ke File Explorer Dengan PowerToys

NESABAMEDIA.COMFile Explorer merupakan rumah bagi konten foto, video, dokumen, spreadsheet dan file lainnya yang anda miliki. Baik di Windows 10 maupun di Windows 11, anda bisa dengan cepat melihat file-file tersebut tanpa harus membuka aplikasi terkait. Ini bisa dilakukan dengan panel pratinjau File Explorer yang muncul di samping kanan layar. 

Sebagai informasi, anda bisa mencoba panel pratinjau ini di Windows File Explorer dengan mengklik pada tab View. Ketika berada di tab View, anda harus memilih Preview Panel dan klik pada sebuah file yang ingin anda lihat. Jika formatnya mendukung, maka anda akan bisa melihat pratinjau dari file tersebut di dalam file explorer. 

Dengan PowerToys, Microsoft telah menguji coba add-ons baru untuk File Explorer yang memiliki fungsi memperluas kemampuan default dari panel pratinjau tersebut. Ekstensi PowerToys yang saat ini sudah ada menambahkan kemampuan untuk meninjau file SVG dan sejenis, yang akan memudahkan para programmer dan web developer. 

Microsoft kini berencana untuk membawa pengalaman panel pratinjau File Explorer ini ke level yang lebih tinggi dengan ekstensi baru tersebut. 

Untuk saat ini, File Explorer hanya terbatas untuk mendukung file dengan format teks tertentu. Ada banyak sekali file teks yang masih belum bisa mendukung panel pratinjau dan ini umumnya berdampak pada file yang kerap digunakan oleh para pengembang. 

Microsoft pun berencana untuk mengintegrasikan kemampuan pratinjau file Monaco Editor ke panel pratinjau File Explorer. Sebagai informasi, Monaco merupakan kode editor yang populer untuk kode VS dan PowerToys akan menggunakannya untuk memudahkan penerapan pratinjau file teks ke lebih banyak jenis file teks lain. 

Ini memungkinkan berkat adanya kolaborasi antara pengembang independen Aaron Junker dan Microsoft, dan fitur ini saat ini masih dalam tahap pengembangan. Ini akan memungkinkan anda untuk meninjau hampir semua file terkait teks dengan format populer di File Explorer Windows 10 atau Windows 11. 

Selain itu, Microsoft juga berencana untuk menambahkan menu klik kanan “Use Text Preview for Files of This Type” ke Windows. Bagi pengembang, Microsoft mengatakan akan menggunakan kode VS sebagai layanan peninjau untuk memungkinkan adanya penyorotan syntax. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend