Microsoft dan Intel Perbaiki Masalah DRM CPU Yang Berdampak Ke Sejumlah Game

Microsoft dan Intel Perbaiki Masalah DRM CPU Yang Berdampak Ke Sejumlah Game

NESABAMEDIA.COMSetelah terjadi cukup lama, Microsoft dan Intel akhirnya berhasil memperbaiki masalah terkait DRM yang berdampak pada perangkat Windows 11 yang menggunakan prosesor Intel Generasi 12 Alder Lake pada beberapa judul game tertentu.

Saat ini, diketahui hanya tersisa tiga game yang masih terdampak masalah kinerja ini, meski demikian ini adalah kemajuan yang sangat besar mengingat sebelumnya ada 51 judul game yang terdampak.

Masalah kinerja ini terjadi ketika software Digital Rights Management (DRM) yang ada di beberapa judul game, secara keliru mengidentifikasi desain hybrid pada CPU Intel Alder Lake sebagai dua PC terpisah. Seri CPU Intel Alder Lake memang hadir dengan dua arsitektur inti terpisah, yakni Performance Cores (P-Core) yang didukung oleh arsitektur Golden Cove dan Efficiency Cores (E-Core) yang didukung oleh arsitektur Gracemont. 

DRM kemudian memperlakukan dua paket inti yang berbeda ini sebagai dua PC yang berbeda, padahal keduanya sebenarnya berasal dari bagian chip yang sama. 

Sebelumnya diketahui ada sekitar 50 judul game yang terpengaruh oleh masalah DRM pada CPU Intel Alder Lake dan OS Windows 11. Kini, hanya tersisa tiga judul game saja yang masih belum bisa sembuh dari permasalahan tersebut, di antaranya adalah Assassin’s Creed Valhalla, Fernbus Simulator dan Maden 22. 

Intel mengatakan bahwa solusi yang bisa dilakukan untuk masalah game ini adalah dengan memperbaiki scroll lock dengan mengaktifkan mode Legacy Game Compatibility dari BIOS motherboard anda. Saat menjalankan game tersebut, anda bisa menekan tombol scroll lock untuk ‘memarkir’ E-Cores pada CPU Intel Alder LAke untuk menghilangkan masalah DRM tersebut. 

Produsen motherboard tertentu seperti MSI dan Gigabyte telah membuat perbaikan masalah ini lebih mudah melalui software khusus yang telah disediakan, sehingga anda tidak perlu mengakses BIOS. Yang perlu anda lakukan adalah memilih tombol di alat yang berfungsi pada Windows 11 dan 10, dan anda akan mengaktifkan mode kompatibilitas. 

“MSI meluncurkan DRM Access Tool untuk menawarkan solusi alternatif dalam mengatasi masalah yang sebelumnya terjadi pada CPU Intel. Memperbarui BIOS tidak diperlukan untuk membuka tool ini, yang bisa dengan mudah dilakukan guna memastikan E-Cores tidak mengalami bottleneck ketika menjalankan game.

  1. Sebelum game dimulai, buka alat tersebut dan klik tombol start.
  2. Buka game dan anda seharusnya tidak akan mengalami masalah terkait DRM ini.”
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend