Microsoft Teams 2.0 Untuk Windows 10 dan 11, Beri Perubahan Signifikan

Microsoft Teams 2.0 Untuk Windows 10 dan 11, Beri Perubahan Signifikan

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengembangkan versi Microsoft Teams yang didesain ulang untuk Windows 10 dan Windows 11. Tidak seperti versi klien desktop sekarang ini, Microsoft Teams 2.0 telah beralih dari yang sebelumnya menggunakan Electron ke Edge Webview 2 dan React.js dari Angular. 

Aplikasi Teams yang baru tersebut, pertama kali diumumkan dalam event khusus Windows 11 beberapa waktu yang lalu dan kini diberi nama Teams 2.0. Dengan Microsoft Teams 2.0, perusahaan asal Redmond itu berencana untuk menargetkan konsumen dan membuat alat kolaborasi video populernya, agar bisa tersedia di lebih banyak perangkat. 

Microsoft Teams 2.0 berbasis pada Edge Webview2 dan pada awalnya akan hadir secara eksklusif untuk Windows 10 dan Windows 11. Dengan Edge WebView 2, Microsoft akan menggunakan teknologi web yang di-embed seperti HTML, CSS dan Javascript, serta mesin rendering Chromium di Microsoft Teams. 

Tampilan Microsoft Teams 2.0

Tampilan Microsoft Teams 2.0

Berkat bocoran dari build versi baru Microsoft Teams itu, terungkap pratinjau awal dari aplikasi tersebut. Aplikasi baru tersebut dibangun dalam ruang lingkup Microsoft Team Web dan terlihat tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang ada sekarang ini termasuk versi web-nya. Namun ini benar-benar menggunakan mesin berbeda yakni, Edge WebView yang berarti Microsoft telah menghilangkan kolom alamat browser dan pengguna bisa menjalankan Teams di jendela yang berbeda seperti aplikasi desktop pada umumnya. 

Ekstensi browser dan menu utama juga dihilangkan untuk menghadirkan pengalaman seperti aplikasi asli, tapi pengguna bisa menemukan jejak riwayat browser Edge ketika melakukan klik kanan di bagian mana saja dari jendela aplikasi.

Dari pengujian versi awal itu, diketahui bahwa Teams 2.0 jauh lebih cepat dibandingkan aplikasi desktop yang ada sekarang ini dan bisa berjalan dengan lancar di perangkat dengan spesifikasi rendah yang memiliki RAM 4GB dan Core i3 Generasi 10, tanpa mengalami penurunan kinerja. 

Pengguna memori Teams juga turun cukup drastis sehingga rata-rata kinerja jauh lebih baik dibandingkan platform saat ini. Faktanya, Microsoft Teams kini bisa diluncurkan secara langsung dan tidak akan terjebak di layar pemuatan atau loading screen. Ini berkat integrasi proses latar belakang Microsoft Edge dan WebView.

Salah satu perubahan signifikan lainnya yang bisa dilihat dan dirasakan adalah antarmuka yang adaptif. Pengguna bisa dengan mudah mengatur ukuran jendela aplikasi secara otomatis, yang tidak mungkin bisa dilakukan di aplikasi Teams berbasis Electron sebelumnya.

Leave a Reply

Send this to a friend