• Our Partners:

Win 11

Microsoft Ubah UI Windows Rollback Dialog Jadi Lebih Menarik

Microsoft saat ini sedang mengembangkan berbagai macam UI yang ada di sistem mereka, salah satu yang kembali akan diubah gaya UI-nya ialah tampilan dari Windows Rollback Dialog yang kemungkinan akan segera dirilis beberapa waktu ke depan, Minggu (20/11).

Microsoft melalui Windows 11 22H2, memang membawa sejumlah besar perubahan dari sistem mereka. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa Microsoft melalui Insider Program telah banyak melakukan eksperimen dengan mengubah UI dari Windows 11 22H2 itu sendiri.

Bahkan, jika kita bandingkan dengan Windows 10 perubahan ini akan sangat mencolok karena Windows 11 mengusung gaya yang lebih minimalis namun tetap bersahabat di mata pengguna. Karena tampilan inilah yang membuat Windows 11 lebih banyak diminati.

Sejauh ini, Microsoft telah merombak UI dari semua sistem mereka terkecuali satu hal yaitu Windows Rollback Dialog, yang mana masih menggunakan desain dari Windows 10. Maka dari itu, dikabarkan bahwa sekarang Microsoft telah siap merilis pembaruan terbaru mereka yang mana akan mengubah UI dari Windows Rollback Dialog.

Microsoft akan segera merilis pembaruan ini untuk beberapa pengguna Windows 11, karena sejauh ini mereka hanya memberikan pembaruan untuk pengguna Windows 11 Insider Dev 25247. Perubahan ini mencakup Rename This PC,, Reset This PC dan Date and Time Picker.

Selain itu, perubahan yang terbaru ialah Windows Rollback Dialog yang saat ini telah berubah UI menyesuaikan sistem Windows 11 22H2. Untuk Anda yang masih bingung dan belum menyadari perubahan ini, gambar di bawah ini merupakan gambar darin fitur Windows Rollback Dialog untuk Windows 10:

Windows Rollback Dialog

Windows Rollback Dialog versi lama

Sedangkan gambar di bawah ini merupakan gambar dari perubahan UI yang ada di Windows Rollback Dialog di Insider Dev Channel, yang mana telah mendapatkan pembaruan dan perubahan UI.

Windows Rollback Dialog 2

Windows Rollback Dialog versi terbaru

Mungkin perubahan yang paling mencolok ialah ukuran huruf dan UI yang menyesuaikan dengan Windows 11, yang mana kini menyesuaikan dengan tema yang digunakan oleh sistem yaitu Dark Mode.

Perubahan ini hanyalah pengujian saja, bagi Anda yang menggunakan Windows 11 Insider Dev dan ingin mengaktifkan fitur ini maka bisa langsung menggunakan aplikasi pihak ketiga, ViveTool. Jika penasaran, maka Anda bisa langsung mencobanya dengan menggunakan cara berikut:

  1. Buka aplikasi ViveTool (Jika belum ada unduh di sini).
  2. Ekstrak berkas unduhan dan buka Windows Terminal.
  3. Masuk ke Directory ViveTool yang telah diekstrak tadi.
  4. Masukan perintah berikut; vivetool /enable /id:36390579.
  5. Masukan lagi perintah berikut; vivetool /enable /id:41670003.

Jika telah selesai, Anda bisa membuka Windows Update, pilih Advanced Option kemudian pilih Recovery dan Go Back.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend