• Our Partners:

Aplikasi Desain Interior untuk PC Laptop 9

10 Aplikasi Desain Interior untuk PC / Laptop (+Link Download)

Merancang rumah menggunakan aplikasi desain interior untuk PC / laptop menjadi andalan para arsitek karena dinilai lebih efisien dari segi waktu dan keakuratan desain dengan ide.

Jika dulu membuat rancangan rumah dan interiornya harus dilakukan secara manual menggunakan kertas, lewat perangkat lunak yang tersedia untuk komputer, kegiatan merancang pun jadi lebih mudah dan hemat.

Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk berkreasi, menuangkan ide mereka dalam menciptakan desain rumah yang diinginkan oleh klien maupun diri sendiri.

10 Aplikasi Desain Interior untuk PC / Laptop

Software desain rumah ada banyak jumlahnya. Kamu bakal menemukan variasi tools yang berguna untuk merancang interior rumah di internet. Mulai dari yang mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula yang ingin belajar desain hingga yang kompleks khusus profesional.

Bekerja sebagai desainer interior pun bakal ditunjang lewat keberadaan perangkat lunak khusus desain seperti ini. Jadi, jangan heran jika penggunaannya begitu masif.

Berikut adalah rekomendasi aplikasi desain interior untuk PC / laptop terbaik yang bisa kamu gunakan jika tertarik menekuni dunia arsitektur maupun ingin memaksimalkan project desain rumah yang sedang digarap.

1. Room Sketcher

Room Sketcher

Room Sketcher adalah aplikasi buat denah rumah gratis yang bisa pengguna Windows maupun macOS install pada perangkat mereka. Dukungan fitur yang melimpah menjadi alasan mengapa Room Sketcher begitu disukai.

Jika kamu menginginkan fitur tanpa batas, Room Sketcher juga menyediakan versi pro dengan tambahan fitur floor plan yang bisa disesuaikan dengan project saat ini. Kemudian ada juga fitur merancang dalam 3D untuk hasil akhir yang lebih nyata.

Pengukuran denah juga bisa dilakukan lewat Room Sketcher guna memastikan keakuratan desain dengan luas ruangan nantinya. Menarik, bukan?

2. DreamPlan Home Design Software

Aplikasi Desain Interior untuk PC

DreamPlan Home Design Software yang dikembangkan oleh NCH ini bisa kamu jadikan alternatif jika butuh software desain interior yang benar-benar gratis.

Tampilannya dibuat user-friendly sehingga cocok untuk pemula yang ingin belajar desain lewat komputer. Dijamin, kamu akan dimudahkan dalam membuat floor plan termasuk merancang interior rumah dengan menambahkan furniture serta mengatur posisinya.

Kamu juga akan dibebaskan dalam memilih viewing mode yang diinginkan, mau 2D, 3D atau dalam format blueprint.

3. Chief Architect

Chief Architect

Untuk kebutuhan profesional, kami merekomendasikan Chief Architect untuk kamu download. Aplikasi sketsa rumah ini adalah salah satu yang terbaik dan menjadi andalan banyak arsitek dari berbagai belahan dunia.

Chief Architect memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan desain interior rumah maupun bangunan kepada klien. Lewat media visualisasi 3D seperti ini akan lebih mudah bagi arsitek dan klien dalam bertukar ide terkait project yang sedang dijalankan.

Kerennya, Chief Architect tak akan memakan banyak memori karena ukurannya cenderung ringan sehingga prosesor perangkat pun 100% aman. Ia kompatibel dengan Windows 7, 8, dan 10.

4. Interior Design 3D

Aplikasi Desain Interior untuk PC Windows

Mulai dari $29 saja, kamu bisa mendapatkan tools desain sketsa rumah terlengkap nan powerful yang dihadirkan oleh Interior Design 3D

Sesuai namanya, Interior Design 3D memungkinkan pengguna untuk merancang sketsa ruangan dalam format 3D sehingga hasil akhirnya pun akan lebih akurat. Ingin menggunakan mode 2D? Tenang, kamu bisa melakukan switch 2D ke 3D maupun sebaliknya dengan sekali klik saja.

Terdapat pula fitur virtual tour yang memungkinkan pengguna untuk melihat preview dari desain yang sudah dibuat layaknya memainkan game FPS. Menarik, bukan?

5. FloorPlan

FloorPlan 2020

FloorPlan 2020 adalah aplikasi desain interior untuk PC / laptop yang berperan layaknya simulasi rumah. Kamu bebas berkreasi dengan berbagai elemen yang ada di FloorPlan 2020 ini, lalu proyeksikan dalam format 3D untuk hasil akhir yang super akurat.

Salah satu fitur unggulan yang FloorPlan 2020 miliki adalah 360 degree viewing angle dimana kamu bisa menjelajah seisi rumah termasuk ruangan yang sudah didesain untuk mendapatkan gambaran visual yang lebih real.

FloorPlan 2020 ideal digunakan untuk profesional yang sedang mencari aplikasi desain rumah dengan fitur komplit. Meski berbayar, pengguna tidak akan kecewa dengan fitur yang ia tawarkan.

6. PRO100

PRO100

Software sketsa rumah berikutnya yang layak kamu download datang dari PRO100. Membuat rancangan interior ruangan jadi lebih mudah dengan mengandalkan PRO100.

Sayangnya, kamu tidak bisa berkreasi dengan bentuk ruangan lain karena secara default PRO100 hanya menyediakan ruangan dalam bentuk kotak saja.

Sama seperti aplikasi serupa, kamu bisa memilih mau membuat sketsa rumah dalam format 2D atau 3D. Memasukkan objek juga bebas diatur sedemikian rupa oleh pengguna. Biar lebih efisien, kamu juga bisa memisahkan objek berdasarkan kategorinya masing-masing.

7. SketchUp Pro

Aplikasi Desain Interior untuk PC SketchUp Pro

Hadir dalam dua versi, aplikasi online dan aplikasi yang bisa diinstal untuk digunakan offline, SketchUp Pro adalah solusi terbaik buat kamu yang ingin merancang interior rumah dengan cepat.

Mengapa demikian? SketchUp Pro menyediakan rekomendasi interior berdasarkan jenis bangunan dan cuaca sehingga kamu tak perlu khawatir akan kehabisan ide nantinya. Fitur ini tentu memudahkan pengguna yang ingin belajar arsitektur.

Aplikasi SketchUp Pro yang tersedia untuk Windows dan macOS ini juga kompatibel dengan banyak format file sehingga pengguna bebas mengimpor sketsa dari file milik sendiri nantinya.

8. Sweet Home 3D Portable

Sweet Home 3D Portable

Ingin membangun rumah dari hasil rancangan sendiri? Jika menggunakan jasa arsitek seringkali membuatmu kurang puas, ini saatnya untuk berkreasi lewat Sweet Home 3D Portable.

Sweet Home 3D Portable adalah tools yang menyajikan cara desain rumah lewat PC dengan mudah. Keunggulan aplikasi ini ada pada jumlah objek meliputi furniture yang beragam. Tak hanya itu, proses rendering pun bisa dilakukan dengan cepat.

Dukungan pembuatan sketsa dalam format 2D dan preview 3D pastinya tersedia di Sweet Home 3D Portable yang bisa kamu nikmati sepenuhnya gratis.

9. Planner 5D

Planner 5D

Butuh sketsa desain rumah yang lebih real? Kamu bisa mengandalkan Planner 5D, perangkat lunak untuk desain interior rumah selanjutnya yang layak untuk dilirik.

Total ada lebih dari 100 objek yang bisa kamu gunakan untuk merancang suatu ruangan lewat Planner 5D ini. Fitur edit yang disediakan pun lengkap, berpadu dengan user interface yang interaktif.

Lebih kerennya lagi, Planner 5D juga tersedia dalam versi mobile sehingga kamu bisa melakukan sinkronisasi dari perangkat komputer ke smartphone.

10. Chief Architect Interiors

Chief Architect Interiors

Chief Architect Interiors ditujukan untuk mereka yang memang sudah profesional di bidang arsitektur. Untuk fitur penyuntingan yang lebih detail dan kompleks, aplikasi ini begitu direkomendasikan.

Kompatibel dengan Windows 10 dan Windows 11, apapun yang kamu cari pada aplikasi desain rumah 3D untuk PC ada di Chief Architect Interiors, meliputi kustomisasi objek yang tak hanya pada posisinya, namun juga bentuk dan ukurannya.

Menciptakan rancangan rumah bisa dilakukan tanpa batas karena pengguna bisa mengunduh konten lain dari internet untuk kemudian di-export ke Chief Architect Interiors.

Itu dia 10 rekomendasi aplikasi desain interior untuk PC / laptop yang bisa kamu jadikan referensi jika butuh software desain rumah gratis maupun berbayar untuk belajar desain maupun mendukung pekerjaan.

Dengan download aplikasi desain rumah, kamu tidak perlu terhubung dengan internet alias online lagi. Aplikasi-aplikasi yang sudah kami sebutkan cocok untuk pemula hingga profesional sekalipun.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend