Microsoft Ungkap Font Baru di Windows 10, Segoe UI Variable

Microsoft Ungkap Font Baru di Windows 10, Segoe UI Variable

NESABAMEDIA.COMDalam Build Pratinjau Windows 10 terbaru, kembali terungkap bahwa Microsoft memperkenalkan sebuah font baru. Font Segoe UI yang telah diperbarui itu menurut Microsoft dijelaskan sebagai pengganti font Segoe klasik untuk memberikan kesan yang lebih modern di perangkat berbasis Windows 10. 

Secara resmi, font tersebut diberi nama Segoe UI Variable. Font ini akan menjadi pilihan terbaik untuk digunakan di semua perangkat dengan beragam ukuran layar, karena font itu diklaim menggunakan sebuah axis optikal yang memungkinkan bisa diubah ukurannya baik itu menjadi lebih kecil atau lebih besar tanpa mengalami masalah tampilan. 

“Secara historis, font untuk mencetak teks berukuran kecil dirancang berbeda dari font yang dirancang untuk teks dengan tampilan besar. Segoe UI pada awalnya dirancang untuk bisa digunakan dalam ukuran 9pt, yang menjadikannya font yang bagus untuk ukuran tersebut. Namun di sisi lain juga membatasi pada ukuran besar dan tidak memiliki keterbacaan pada ukuran yang lebih kecil.

Segoe UI Variabel diklaim mampu memecahkan masalah ini dengan menggunakan versi baru dari Segoe yang menggunakan teknologi font variabel yang secara dinamis mampu menawarkan keterbacaan yang sangat baik di berbagai ukuran teks,” kata Microsoft saat menjelaskan font baru di Windows 10 itu.

Font baru ini telah tersedia di Windows 10 Build 21376, yang bisa diunduh secara manual oleh para pengguna di kanal Pengembang. 

Namun meskipun font ini nantinya akan dibundel dengan sistem operasi, akan membutuhkan beberapa waktu untuk bisa muncul di semua bagian antarmuka. 

“Meskipun Segoe UI Variable menjadi bagian dari sistem operasi, adopsi font ini di semua jenis permukaan tampilan akan diterapkan secara bertahap. Ini artinya, tidak semua tampilan antarmuka akan menggunakan font baru ini,” tambah Microsoft.

Build Pratinjau terbaru itu juga berisi sejumlah peningkatan untuk ikon Connect App, yang mengalami perubahan tata letak untuk bisa sejajar dengan pembaruan tampilan sistem operasi secara keseluruhan. 

Microsoft tidak memberikan kepastian kapan penerapan font baru itu akan dilakukan, namun kemungkinan besar akan mulai diluncurkan pada musim gugur 2021.

Leave a Reply

Send this to a friend