Mozilla Firefox Tembus Sistem Keamanan Windows 10 Yang 'Memaksa'

Mozilla Firefox Tembus Sistem Keamanan Windows 10

NESABAMEDIA.COMMozilla telah mengambil langkah berani dan membajak fitur perlindungan Microsoft dengan mengizinkan pengguna menjadikan Firefox sebagai browser default mereka. Microsoft telah mendesak pengguna untuk menjadikan Microsoft Edge sebagai browser default melalui trik tertentu tetapi Mozilla telah berhasil mengakali trik tersebut dan memasukkan trik mereka sendiri.

Sebelumnya, Microsoft telah mengumumkan bahwa peningkatan baru dalam hal privasi dan kinerja akan dilakukan di Microsoft Edge. Bulan lalu, pengumuman itu juga menjadi berita utama bahwa akan ada serangkaian perubahan baru yang akan mempersulit pengguna untuk beralih ke browser alternatif di Windows 11.

Meskipun permasalahan ini telah menjadi permasalahan pelik di kalangan pengguna Windows 10, pengguna secara terpaksa menjadikan Microsoft Edge sebagai browser default. Solusinya pun pada akhirnya hanya memungkinkan pengguna untuk menjadikan browser selain Edge sebagai browser default, di dalam browser Edge itu sendiri. Mungkin inilah alasan mengapa browser lain memutuskan untuk mengambil tindakan drastis dan nekat.

Mozilla pasti sudah muak dengan situasi semacam ini dan memutuskan untuk melakukan serangan atas kebijakan Microsoft yang ‘memaksa’ itu secara diam-diam. Mozilla menemukan cara bagi pengguna untuk beralih dari Edge dan menjadikannya browser mereka sebagai browser default di dalam browser. Pengaturan ini tersedia dari Firefox versi 91.

Saat pengguna membuka Firefox, prompt tidak akan mengirim pengguna ke halaman pengaturan. Kini, pengaturan menjadikan browser selain Edge sebagai browser default bisa dilakukan dengan sekali klik . Ini adalah langkah yang sangat berani dan browser lain yang kecewa dengan perlindungan keamanan oleh Microsoft mungkin akan segera menyusul atau mungkin saat ini tengah melakukan pengembangan.

Pengaturan ini tersedia untuk pengguna Windows 10 yang dapat menunda pemutakhiran ke Windows 11 dengan rilis hanya beberapa hari lagi.

Microsoft belum membuat pernyataan resmi tentang berita ini jadi, akan menarik untuk kita tunggu dan lihat bagaimana respon dan apa yang akan terjadi setelahnya. Mungkin beragam fitur menarik yang dijanjikan pada Microsoft Edge di Windows 11 akan cukup bagi pengguna untuk melupakan Mozilla.

Leave a Reply

Send this to a friend