Mulai Tahun Depan, Internet Explorer Benar-Benar Akan Menghilang

Mulai Tahun Depan, Internet Explorer Benar-Benar Akan Menghilang

NESABAMEDIA.COMSekali lagi, Microsoft telah merilis pembaruan Build Pratinjau Windows 10 Insider kemarin. Build 21387 telah tersedia di kanal pengembang. Salah satu hal yang paling menonjol dari pembaruan pratinjau ini adalah karena tidak adanya Internet Explorer. Sebelumnya memang Microsoft telah mengumumkan akan mematikan Internet Explorer di Windows 10. Namun pada dasarnya itu tidak akan serta merta menghapus browser jadul itu dari sistem operasi. 

Karena hal ini, bisnis yang bergantung pada Internet Explorer akhirnya terpaksa harus menggunakan mode IE yang ada di browser Edge. Namun tetap saja, mode IE masih membutuhkan Internet Explorer untuk terpasang di perangkat. 

Dimatikan Setelah 26 Tahun Melayani Pengguna

Microsoft juga mengumumkan bahwa mereka akan mempensiunkan Internet Explorer secara resmi tahun depan, di usianya yang ke 26 tahun. Akhir dari IE sendiri tidak begitu mengejutkan, karena Microsoft telah meminta para pengguna Windows untuk tidak lagi menggunakan browser itu, ketika browser Edge mulai diluncurkan pada tahun 2015 silam. 

Sejak saat itu, Microsoft tidak lagi mencap IE sebagai sebuah browser, melainkan hanya sebagai solusi dari ketidakcocokan. Padahal, ketika diluncurkan pada tahun 1995 silam, IE menjadi satu-satunya browser yang mampu melakukan monopoli pasar browser selama hampir satu dekade penuh. Browser ini ditawarkan sebagai pra-install di sistem operasi Windows yang telah digunakan oleh lebih dari jutaan perangkat komputer. 

Selain tidak adanya Internet Explorer di Windows 10 Insider Build Pratinjau 21387, tidak ada hal lain yang menarik. Hanya Microsoft mengatakan bahwa mereka mematikan mode Eco di Task Manager untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Selain dari itu hanya beberapa perbaikan dan masalah-masalah yang telah diketahui. 

Pembaruan ini adalah pratinjau dari kanal pengembang, yang artinya ini nantinya tidak akan secara resmi terikat untuk pembaruan Windows 10 ke publik. Build ini berasal dari cabang Co_Release, di mana beberapa orang berpikir ini terkait dengan rilisan pembaruan Cobalt 21H2, namun ternyata tidak. 

Bagaimanapun sebagian besar fitur baru yang sudah diketahui sebelumnya, akan dipecah menjadi rilisan Windows 10 21H2 yang tepat. Itu akan muncul di kanal Beta. Dan karena Windows 10 versi 21H1 telah dirilis, mungkin tidak akan lama lagi versi beta 21H2 akan hadir juga. 

Windows 10 RTM dijadwalkan akan dimulai pada bulan Juni dan Desember, jadi kemungkinan besar Windows 10 versi 21H2 di kanal Beta akan hadir pada bulan Juli. Dengan demikian, versi beta itu akan bisa ditinjau sebelum dirilis ke publik pada bulan Oktober. 

Sejauh ini, yang perlu diketahui pengguna adalah ketika memasang build versi ini di Windows 10, Internet Explorer akan hilang dan pengguna diharuskan menggunakan browser Edge. 

Leave a Reply

Send this to a friend