• Our Partners:

Youtube Vs Facebook

Netizen Pilih Youtube Ketimbang Facebook Untuk Sumber Berita Lebih Valid

NESABAMEDIA.COMYoutube disebut-sebut telah berhasil menyaingi Facebook sebagai sumber berita dengan konten lebih valid. Hal ini diungkap dalam sebuah laporan dari hasil jajak pendapat dan survei sejumlah pengguna internet di berbagai negara di dunia. 

Di Amerika sendiri, saat ini sekitar 35 persen warganya menggunakan Facebook untuk mencari informasi terkini. Sementara 24 persen memilih mencari sumber informasi melalui Youtube. Namun dalam perkembangannya, Facebook mengalami penurunan sebesar 4 persen, sementara Youtube justru mengalami peningkatan 4 persen, dalam kurun waktu setahun ini.

Namun hasil ini tidak direfleksikan secara lokal untuk pengguna internet di Amerika saja. Lebih jauh dalam kurun waktu 6 tahun terakhir, tren yang muncul dari 12 negara besar di dunia, kepopuleran Facebook menurun secara signifikan sebagai sumber berita valid, sementara Youtube mengalami hal yang sebaliknya. 

Bahkan, ada survei lain yang menyebutkan jika 80.000 orang yang dijadikan data, menyebut Facebook kini lebih banyak mengandung berita-berita hoaks dan menjadi sosial media yang paling tidak bisa dipercaya. 

Lebih lanjut, Facebook terus mendapatkan kritik yang jumlahnya semakin meningkat dari hari kehari. Kritikan itu dialamatkan kepada aturan yang ada di sosial media itu, yang dianggap justru lebih permisif terhadap konten-konten hoaks, teori konspirasi serta disinformasi yang banyak tersebar di grup-grup hingga konten iklan pihak ketiga, khususnya kampanye politik.

Namun Youtube justru lebih mendapatkan kepercayaan pengguna internet atas usahanya selama ini dalam memerangi konten hoaks dan informasi menyesatkan. Youtube sendiri dianggap mengalami peningkatan yang signifikan dalam algoritma mereka. Algoritma tersebut sangat efektif dalam mengurangi konten misleading dan hoaks dengan fitur pengecek fakta yang mereka sediakan.

Hasil Survei Sosial Media Sebagai Rujukan Sumber Berita

Hasil Survei Sosial Media Sebagai Rujukan Sumber Berita

Saat platform sosial media yang berorientasi pada konten visual mengalami peningkatan sebagai rujukan sumber berita, Facebook bersama dengan Whatsapp dan Instagram masih mendominasi sosial media. 

Dengan tetap memisahkan Whatsapp dan juga Instagram dari pengembangan Facebook, sosial media karya Mark Zuckerberg itu bisa dengan baik memetakan demografis pengguna mereka. Menciptakan beragam format konten terbaru tanpa harus kehilangan loyalis mereka. 

Kompetisi ketiga sosial media yakni Youtube, Facebook dan Instagram  dalam hal sumber berita ini cukup menarik untuk terus diikuti. Pengaruh Instagram di dunia sosial media terus meningkat secara tajam sebagai rujukan sumber berita. Sementara Youtube secara lambat namun pasti terus membayangi Facebook di urutan teratas. Mungkin Youtube sudah sangat jauh mengungguli Instagram, namun sosial media itu terus mengintai dari belakang.  [br/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend