• Our Partners:

Fajrin Rasyid Presiden Bukalapak Jadi Direktur Digital Telkom

Telkom Rombak Jajaran Direksi, Pendiri Bukalapak Jadi Direktur Digital

NESABAMEDIA.COMPT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) kemarin (19/06) telah selesai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Hasil dalam rapat tersebut memutuskan akan adanya perombakan jajaran direksi serta komisaris perusahaan plat merah tersebut. Adalah Muhammad Fajrin Rasyid, Presiden Bukalapak yang bakal didapuk untuk menjabat Direktur Digital Telkom. 

Kabar tersebut diterima dari sebuah sumber yang tak mau disebutkan namanya. Tak hanya Presiden Bukalapak, disebut juga nama Dian Rachmawan yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Pelindo 1, sebagai salah satu direksi baru Telkom. Namun untuk posisi Direktur Utama dikabarkan masih akan dijabat oleh Ririek Adriansyah. 

Saat dimintai keterangannya, Fajrin sendiri mengaku siap mengemban jabatan barunya sebagai Direktur Digital untuk Telkom. Pengalaman sebelumnya dalam mengembangkan Bukalapak dari nol, bakal digunakan untuk memajukan Telkom kedepannya. 

“Sekarang adalah saatnya membantu Indonesia agar bisa lebih maju lagi. Dengan fokus untuk mengembangkan dunia telekomunikasi di negara ini bersama Telkom.”

Selanjutnya, Fajrin bakal menyerahkan tugas fungsional sehari-hari di Bukalapak kepada pihak manajemen dan juga dewan direksi situs marketplace tersebut. Sejumlah pihak menyebut jika apa yang dilakukan Fajrin selama ini bersama Bukalapak, adalah sebuah pencapaian yang sukses. Membangun sebuah situs jual beli dari nol, hingga menjadi nama besar di dunia marketplace Indonesia bahkan Asia.

Pada tahun lalu, Fajrin Rasyid mendapatkan sebuah penghargaan bergengsi atas dedikasinya tersebut, yakni Satyalancana Wira Karya. Kini Bukalapak telah memiliki 92 juta pengguna, 6 juta merchant serta juga lebih dari 5 juta Mitra Bukalapak. 

Bukalapak sendiri sejauh ini tercatat sudah ditinggal pergi oleh dua orang pendirinya. Pertama adalah Achmad Zaky yang meninggalkan jabatannya pada akhir tahun lalu. Saat itu Zaky memilih untuk mengembangkan startup finance Init 6. Terkait hengkangnya kedua orang penting di Bukalapak ini, pihak manajemen pun menyampaikan tanggapannya. 

Menurut mereka kepergian Fajrin telah membuka sebuah harapan baru bagi perkembangan digital di Indonesia. Kinerja yang selama ini dilakukan oleh oleh Fajrin dan juga petinggi Bukalapak lainnya, diharapkan bisa menjadi sebuah warisan yang terus lestari, khususnya untuk perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia.

Pihaknya menilai karakter Fajrin akan sangat cocok dengan semangat yang selama ini ada di Telkom. Pihaknya juga optimis bahwa Fajrin mampu menyumbangkan banyak sekali kontribusi yang berharga di perusahaan BUMN tersebut. [br/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend