Nonton Video Dibayar, Ini Dia Kloningan TikTok

Tergoda dengan popularitas TikTok yang diraih dalam waktu singkat, sebuah perusahaan startup bernama Kuaishou mengembangkan aplikasi yang mirip seperti TikTok. Aplikasi yang diberi nama Zynn tersebut dirilis pada awal bulan Mei 2020 dan kini sudah masuk ke jajaran 10 besar di Google Play Store dan menempati ranking pertama di App Store.

Sama seperti TikTok, Zynn juga merupakan aplikasi di mana pengguna bisa menonton video-video berdurasi pendek. Yang membedakan, Zynn membayar penggunanya untuk setiap video yang ditonton. Bahkan registrasi akun pun juga mendapatkan imbalan dari Zynn.

Bentuk imbalan yang diperoleh dari menonton video adalah poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang atau gift card. Sedangkan untuk pendaftaran, pengguna mendapatkan $1 setelah membuat akun.

Dengan memberikan insentif kepada pengguna, diharapkan banyak pengguna TikTok yang tertarik untuk beralih ke Zynn. Orang-orang yang semula tidak menaruh minat sama sekali terhadap aplikasi semacam TikTok, juga diharapkan akan tertarik untuk mencoba Zynn. Strategi tersebut sukses besar karena hanya dalam waktu satu bulan Zynn sudah mampu mensejajarkan diri dengan aplikasi-aplikasi populer lainnya.

Dengan semakin banyaknya jumlah pengguna Zynn, semakin besar pula peluang penghasilan iklan yang bisa diraih. Selama penghasilan iklan lebih besar daripada jumlah imbalan yang dibayarkan kepada pengguna, selama itu pula model bisnis Zynn tetap terus bertahan.

Besarnya jumlah pengguna yang mampu diraih Zynn dalam waktu singkat tidak terlepas dari skema referal yang ditawarkannya.

Untuk setiap pendaftar baru yang anda rekomendasikan, anda mendapatkan imbalan sebesar $20, dan anda akan memperoleh bonus $10 jika jumlah pendaftar yang anda rekomendasikan mencapai lima orang. Modal bisnis yang cukup besar disertai dengan investasi sebesar dua milyar dolar dari perusahaan Tencent memungkinkan Kuaishou untuk menjalankan strateginya tersebut dengan baik.

Insentif yang diberikan Zynn memang cukup menggoda, tapi anda harus bersedia membagi sejumlah informasi pribadi seperti informasi kontak untuk bergabung di platform tersebut. Sebenarnya anda masih bisa menonton video tanpa membuat akun, tapi anda tidak akan mendapatkan imbalan. Zynn juga akan meminta akses lokasi untuk mengetahui posisi anda, tapi untuk yang satu ini bisa anda lewati saat melakukan pendaftaran.

Perlu diketahui, Zynn sebenarnya bukan murni buatan Kuaishou. Aplikasi tersebut dibuat oleh developer aplikasi bernama Owlii yang kemudian dibeli dan dikembangkan lebih lanjut oleh Kuaishou, sebelum akhirnya didaftarkan ke Google Play Store dan App Store. Kuaishou itu sendiri adalah perusahaan startup Cina yang memiliki valuasi sebesar 28 milyar dolar. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend