OnePlus Kerjasama Dengan Google Bikin Smartphone Lipat

OnePlus Kerjasama Dengan Google Bikin Smartphone Lipat

NESABAMEDIA.COMOnePlus sepertinya berencana untuk meluncurkan smartphone lipat pertama mereka tahun ini. Kepala software OnePlus, Gary Chen dalam konferensi media di MWC 2022, mengatakan bahwa perusahaan tengah mengembangkan software smartphone lipat. Menariknya, pengembangan smartphone lipat itu mereka lakukan bersama dengan Google. 

Meskipun pihaknya tidak mengungkap apapun mengenai detail dari perangkat tersebut, dia mengungkap bahwa mungkin publik akan melihat smartphone lipat pertama dari OnePlus pada tahun ini. 

“OnePlus tengah bekerja bersama Google pada perangkat flagship, termasuk smartphone lipat, dan fitur baru itu bisa diperkenalkan di Oxygen 12,” ungkap Chen. 

Pada kesempatan tersebut, Chen juga mengatakan bahwa OnePlus juga bekerja sama dengan Google dalam menambahkan fitur keamanan dan privasi pada sistem operasi Oxygen OS 13 berikutnya yang berbasis Android 13. Karena OS Android baru akan mencakup pekerjaan yang dimulai pada versi Android 12L, diharapkan OS akan bekerja lebih baik pada perangkat dengan layar lebih besar, termasuk smartphone yang bisa dilipat. 

Android 13 dikabarkan akan mulai diluncurkan pada musim gugur 2022. Perusahaan induk OnePlus, yakni Oppo, juga baru saja meluncurkan smartphone pertama mereka, Oppo Find N di pasar Cina. Smartphone ini memiliki desain gaya clamshell seperti yang ada di Samsung Galaxy Z Fold 3. 

Jika laporan sebelumnya memang benar, maka smartphone lipat OnePlus mungkin akan hadir dengan desain yang benar-benar baru. Merujuk pada paten yang juga telah diajukan, perusahaan itu tengah mengembangkan smartphone lipat tiga layar. Dokumen paten itu bernama Mobile Terminal yang menunjukkan sebuah smartphone dengan tiga bagian layar yang bisa dilipat. 

Dari paten itu, layar smartphone akan ditunjang oleh dua engsel, yang memungkinkan perangkat untuk dilipat dalam beberapa arah. Untuk saat ini, Samsung, Xiaomi dan Huawei adalah yang terdepan di teknologi layar lipat, namun desain yang dipatenkan oleh OnePlus, tidak seperti yang ada di pasaran. 

Sejumlah laporan juga menunjukkan bahwa paten itu diajukan di Cina pada tahun 2020 silam, dan diterbitkan pada bulan Juli 2021. Desain itu juga dimasukkan dalam database World Intellectual Property Office (WIPO). WIPO juga memberikan persetujuan dan pengesahan pada paten yang diajukan OnePlus tersebut.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend