OnePlus Smartwatch Pete Lau

OnePlus Konfirmasi Akan Bikin Smartwatch, Dirilis Awal Tahun Depan

NESABAMEDIA.COMSaat ini semakin banyak produsen smartphone yang juga mencoba merambah lini bisnis baru dengan menghadirkan smartwatch atau jam tangan pintar.

Bukan hal yang mengherankan jika OnePlus juga pada akhirnya ikutan bergabung dalam rombongan kereta ini. Setelah berbulan-bulan hanya menjadi rumor, CEO OnePlus, Pete Lau akhirnya memberikan konfirmasi bahwa perusahaan tengah mengembangkan smartwatch yang akan dirilis tahun depan.

Lau mengungkapkan konfirmasi tersebut secara langsung melalui cuitan di akun Twitter resminya. Dalam cuitan itu, Lau mengkonfirmasi bahwa smartwatch buatan OnePlus ditargetkan untuk dirilis ke pasaran pada awal tahun 2021 mendatang. 

Sayangnya, Lau tidak mau mengungkap nama dari perangkat jam tangan pintar itu ke publik. Setidaknya untuk saat ini. Namun banyak pihak berspekulasi bahwa namanya adalah OnePlus Watch. Mereka beralasan karena selama ini smartphone buatan OnePlus juga memiliki nama yang sederhana, tidak terlalu banyak gimmick. Hanya menggunakan OnePlus dan angka urut sebagai seri smartphone-nya. Kemungkinan tradisi penamaan itu akan dihadirkan ke produk smartwatch mereka juga. 

“Banyak dari kalian menginginkan kami untuk membuat smartwatch, dan seperti yang telah kalian dengar beberapa pekan terakhir, kami memang sedang membuatnya, untuk bisa dirilis awal tahun depan. Permintaan yang terwujud??” celoteh Pete Lau di akun Twitternya.

Dalam mengumumkan adanya smartwatch baru itu, Lau juga mengutip cuitan dia sebelumnya, di mana saat itu dia menanyakan ke lebih dari 372 ribu pengikutnya: Adakah sesuatu yang ingin anda lihat dari apa yang belum kami lakukan? 

Tentu saja, pertanyaan Lau itu kebanjiran tanggapan dari pengguna. Dari sekian banyak balasan yang diterima Lau, mayoritas menanyakan soal jam tangan pintar. 

Para penggemar OnePlus kini harus rela menunggu selama beberapa minggu atau bulan ke depan, untuk mengetahui kapan tanggal pasti dirilisnya smartwatch buatan OnePlus itu. Namun di sisi lain juga perlu dicatat bahwa smartphone OnePlus 9 juga kabarnya akan diungkapkan pada bulan Maret tahun depan, jadi ini juga salah satu kemungkinannya. 

Laporan lain juga mengatakan bahwa perangkat smartwatch baru itu akan mendapatkan acara peluncurannya sendiri, agar bisa mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari media. 

Selain masalah kehadiran smartwatch itu, Lau sebelumnya juga telah memberikan petunjuk soal sistem operasi yang akan digunakan di perangkat tersebut. Lau menginformasikan bahwa perusahaan tengah mencoba menjalin kerjasama bareng Google, untuk bisa menggunakan Wear OS, sebagai sistem operasi smartwatch itu. 

Jika kebanyakan smartwatch akan berfungsi berkaitan dengan masalah kebugaran, Lau ingin mengambil langkah yang berbeda. Dia ingin smartwatch OnePlus itu bisa terintegrasi dengan baik pada ekosistem Android. Dalam hal ini tentu saja terintegrasi dengan smartphone, atau bahkan Smart TV Android. 

Leave a Reply

Send this to a friend