• Our Partners:

OPPO ColorOS 7.2 Hadirkan Fitur Penyelamat Saat Baterai Kritis dan Sederet Fitur Baru Lainnya

NESABAMEDIA.COM – ColorOS 7.2, yang merupakan sistem operasi mobile berbasis Android, diumumkan seiring dengan peluncuran Oppo Band dan seri Reno di Tiongkok. Reno 4 dan Reno 4 Pro merupakan jajaran smartphone pertama dari Oppo yang sudah dilengkapi dengan ColorOS 7.2.

Update untuk ColorOS kali ini menyertakan beberapa fitur untuk meningkatkan kualitas video hasil rekaman, menghemat baterai lebih jauh lagi, memperbaiki kualitas foto, dan untuk mempercepat peluncuran aplikasi yang sering digunakan.

Berikut adalah rangkaian fitur baru yang bisa dicicipi oleh semua perangkat OPPO yang sudah menggunakan ColorOS 7.2.

Super Night Video Mode

Hasil rekaman video di malam hari dengan ColorOS 7.2

Seperti halnya fitur Nightscape untuk foto, fitur ini ditujukan untuk perekaman video yang dilakukan pada kondisi minim cahaya. Dengan memanfaatkan kecanggihan algoritma Oppo yang disebut Moonlight Video Algorithm, gambar video bisa terlihat lebih cerah hingga 74% dan lebih jelas hingga 33%.

Super Power Saving Mode

Pada saat daya baterai sudah di ambang kritis, Super Power Saving Mode berusaha memperpanjang waktu pemakaian smartphone selama mungkin dengan hanya menjalankan fitur-fitur yang paling penting.

Mengenai efektivitasnya, smartphone yang digunakan untuk chatting melalui aplikasi WeChat bisa bertahan selama 1,5 jam ketika daya baterai hanya tersisa 5%. Setidaknya itulah klaim dari OPPO.

AI Repair Untuk Foto

Foto lama terlihat lebih jelas setelah diperbaiki

Belum lengkap rasanya jika sebuah smartphone belum memanfaatkan kecerdasan buatan (AI). Selain untuk mendukung facial recognition yang umum digunakan oleh aplikasi-aplikasi kosmetik wajah, AI juga biasa digunakan untuk fitur-fitur terkait foto dan video seperti di ColorOS 7.2 yang dapat membuat sebuah foto lama yang buram menjadi terlihat lebih jelas.

Movie Mode

Oppo menyediakan aplikasi untuk mengedit video yang dinamakan Soloop. Kali ini, aplikasi tersebut mendapatkan update berupa Movie Mode yang hadir dengan aspek rasio 21:9, serta beberapa filter warna dan template untuk menambahkan efek-efek sinematik pada video.

AI App Pre-launch

ColorOS 7.2 memanfaatkan AI untuk meluncurkan aplikasi lebih cepat, namun dibutuhkan waktu bagi fitur ini untuk benar-benar optimal dalam menjalankan fungsinya karena harus mengumpulkan data terlebih dahulu. Data yang dimaksud adalah data hasil pengamatan terhadap kebiasaan pengguna dalam menggunakan ponselnya sehari-hari. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend