Aplikasi Edit Video untuk Android

10+ Aplikasi Edit Video untuk HP Android yang Paling Direkomendasikan

Berbicara mengenai video, pasti sudah tidak asing lagi bukan? Karena berbagai macam jenis video telah banyak beredar di media sosial, televisi dan lain sebagainya. Zaman yang semakin canggih ini, untuk merekam sebuah video tidak hanya menggunakan kamera khusus, namun bisa menggunakan kamera hp dengan resolusi yang bagus.

Untuk menghasilkan video yang bagus dan menarik membutuhkan teknik editing dan juga aplikasi yang bagus pula. Aplikasi untuk edit video sudah sangat banyak sekali baik yang bisa dipakai pada laptop ataupun hp.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas mengenai 10 aplikasi edit video yang bisa kamu coba di androidmu!

1. KineMaster – Video Editor

KineMaster

Aplikasi pertama ini merupakan aplikasi edit video yang telah populer bagi pengguna android. Fitur yang ditawarkan cukup menarik mulai dari fitur standar sampai fitur chroma key juga ada bagi kamu penyuka video gaming untuk bisa membuat video green screen.

Selain itu jika hanya dibutuhkan untuk sekedar edit video untuk di share di media sosial dan juga untuk di YouTube kamu bisa gunakan aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki versi yang free dan berbayar. Kelebihan dari KineMaster ialah tampilannya seperti software editing untuk profesional dan juga dilengkapi opsi green screen. Namun watermark tidak bisa dihilangkan kecuali dengan fitur yang berbayar.

2. PowerDirector – Video Editor & Video Maker

PowerDirector

Aplikasi selanjutnya ialah PowerDirector. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi edit video bagi profesional yang bisa kamu download untuk hp android.

Fitur yang ditawarkan lengkap dan profesional, edit foto dan video menjadi lebih mudah. Kamu bisa menambahkan efek video (efek audio, transisi dan juga teks), pengaturan warna, rotasi dan trim, multi-layer support, chroma key (bisa ganti background video dengan warna yang disukai), dilengkapi dengan slow & fast motion, voice over & musik gratis serta video yang telah diedit bisa kamu simpan dan share dengan kualitas HD.

Kelebihan dari PowerDirector ialah mempunyai berbagai macam fitur profesional, kemampuan untuk editing video sampai format 4K. Namun kelemahannya ialah terdapat watermark tidak bisa dihilangkan kecuali dengan fitur yang berbayar.

3. FilmoraGo – Editor Video Gratis

Aplikasi Edit Video untuk HP Android

FilmoraGo merupakan aplikasi edit video yang lengkap, dengan tombol virtual yang besar dan bagusnya hasil edit video tidak memiliki watermark. Fitur audio mixer dapat menggabungkan suara voice over dengan suara asli yang ada dalam video. Tidak hanya itu, kita bisa memberikan sentuhan personal dengan efek animasi yang unik dan juga penambahan teks pada video.

Kelebihan dari FilmoraGo ialah aplikais ini telah teruji lintas platform, mobile dan PC; dapat memilih berbagai jenis aspect ratio dari video dan user interface timeline seperti software profesional. Namun kekurangannya ialah masih terdapat beberapa fitur yang berbayar.

4. InShot – Editor Video Gratis

InShot

Aplikasi yang satu ini biasanya dipakai untuk edit video yang akan di share di media sosial seperti instagram, twitter dan facebook. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk edit foto dan video yang cukup simple sehingga mudah untuk digunakan.

Kita bisa membuat slideshow, memotong, manambahkan berbagai macam stiker, musik, efek, rekaman suara teks dan ian sebagainya pada video agar terlihat bagus dan menarik.

Kelebihan daroi aplikasi InShot ialah terdapat banyak berbagai jenis filter dan stiker serta dapat membuat background blur. Kekurangannya ialah terkadang beberapa pengaturan sulit pada beberapa kondisi, adanya ditemukan beberapa crash dan beberapa fiturnya berbayar.

5. YouCut – Editor Video Terbaik, Aplikasi Edit Video

Aplikasi Edit Video untuk HP Terbaik

Aplikasi YouCut menawarkan fitur edit video terbaik karena adanya kompresi untuk kualitas tinggi. Dengan fitur tersebut dapat menghemat ruang penyimpanan android.

Aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan sehingga untuk mengedit video tidak perlu teknik yang mendalam. Fitur yang ditawarkan ialah fitur standar untuk edit video pada umumnya. Selain itu fitur lain yang ditawarkan yaitu format videonya berupa mp4, avi,3gp dan lain sebagainya. Namun terkadang aplikasi ini dapat mengalami gangguan ketika melakukan edit video.

6. VivaVideo: Editor Video Gratis

VivaVideo

Salah satu aplikasi edit video yang paing sering digunakan ialah VivaVideo. Aplikasi edit video yang satu ini menawarkan berbagai macam fitur seperti adanya 200+ filter yang dapat dipakai. User interface yang dipakai oleh VivaVideo berbasis storyboard untuk dapat melakukan editing video.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur lain seperti input teks, emoji, membuat meme, meyesuaikan kecepatan video, menambahkan musik, menggabungkan video, dan lain sebagainya.

Kelebihan yang dimiliki VivaVideo ialah opsi untuk editing yang lengkap, mudah digunakan oleh profesional, terutama bagi pemula. Sedangkan kelemahannya ialah adanya fitur yang berbayar dan pemilihan musik yang free sedikit.

7. VideoShow – Editor Video Gratis dengan Musik

VideoShow

VideoShow merupakan aplikasi untuk edit video khususnya untuk edit video untuk vlog dan membuat intro dengan penambahan musik yang keren. Aplikasi yang satu ini juga cukup populer bagi pemula yang ingin mengedit video.

Fitur yang ditawarkan ialah fitur standar edit video dan juga berbagai jenis stiker, efek, teks serta tema yang dapat diterapkan pada video yang diedit. Kelebihannya ialah tidak adanya watermark. 

User interface yang digunakan aplikasi ini mudah digunakan, dan cukup powerful dalam berbagai kondisi. Kelemahannya yaitu fiturnya yang berbayar perbulan.

8. ActionDirector Video Editor – Edit Videos Fast

Aplikasi Edit Video untuk Android Terbaru

Aplikasi edit video yang satu ini di developer oleh CyberLink.com yang sama dengan aplikasi PowerDirector. Walaupun satu developer namun PowerDirector dan ActionDirector berbeda. ActionDirector lebih dikhususkan bagi video dengan format potrait, sangat cocok untuk edit video untuk instagram.

Banyak fitur yang ditawarkan oleh ActionDirector seperti pemotongan video, menambahkan musik, mendukung video dengan format 4K, dan bisa mengatur slow-motion pada video.

Kelebihannya ialah tampilannya mudah digunakan dan user friendly, adanya pilihan dalam input GIF pada video. Namun, masih terdapat iklan dalam aplikasinya.

9. Quik – Editor Video GoPro untuk foto dengan musik

Quik

Aplikasi kasi yang satu ini khusus untuk action camera GoPro. Nah, jika kamu memiliki kamera GoPro kamu bisa menggunakan aplikasi Quik untuk melakukan editing videonya. Fitur yang paling menonjol dari aplikasi ini ialah kecepatannya.

Dalam melakukan editing kamu bisa menginput sampai 50 foto dan video. Aplikasi ini dapat secara otomatis mengeditnya menjadi video dengan durasi pendek yang sangat cocok untuk di posting di Instagram. Selain itu, Quik juga menawarkan 20+ filter yang bisa kamu gunakan pada editing sehingga menjadi video yang keren.

Kelebihannya ialah dimaksimalkan bagi perangkat yang terhubung dengan Gopro dan dapat melakukan proses editing secara otomatis. Namun kelemahannya video yang dihasilkan hanya berdurasi pendek.

10. Film Maker Pro – Free Movie Maker & Video Editor

Film Maker Pro

Aplikasi yang terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video ialah Film Maker Pro. Selain dari fitur standar untuk editing video, aplikasi ini menawarkan fitur andalan yaitu dapat menghasilkan film dengan resolusi 1080p dengan efek khusus.

Aplikasi ini sangat cocok bagi YouTuber karena hasil editingnya yang memuaskan pala penggunanya. Namun terkadang aplikasi ini mengalami gangguan dalam kondisi tertentu.

Leave a Reply

Send this to a friend