Oppo Pad, Tablet Pertama Perusahaan Dengan Snapdragon 870

Oppo Pad, Tablet Pertama Perusahaan Dengan Snapdragon 870

NESABAMEDIA.COMMengikuti lonjakan popularitas dan fokus dari Google pada tablet Android, telah terlihat bahwa banyak sekali brand yang sebelumnya tidak tertarik pada perangkat jenis ini, mulai memproduksi tablet Android. Kali ini, giliran Oppo yang bergabung dalam gerbong dengan meluncurkan tablet pertama mereka, Oppo Pad.

Hadir secara eksklusif untuk pasar Cina terlebih dahulu, Oppo Pad adalah sebuah tablet Android berukuran 11 inci dengan spesifikasi berada satu tingkat di bawah kelas flagship. Desain yang digunakan mirip dengan Apple iPad Air, namun dengan panel belakang unik yang memiliki logo Oppo memanjang. Setidaknya, ini terlihat sangat rapi dan bagus. 

Layarnya adalah panel LCD dengan resolusi 2560×1600 yang memiliki kecepatan refresh 120Hz. Ditunjang dengan chipset Qualcomm Snapdragon 870, RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan internal 128GB atau 256GB, tanpa adanya slot untuk microSD. 

Sebuah baterai berkapasitas 8,360mAh terpasang, dengan pengisian cepat 33W melalui USB-C. Terdapat kamera belakang 13MP dan kamera depan 8MP. Wi-Fi 6, quad speaker, face unlock berbasis kamera, dan dukungan stylus. Oppo bahkan memproduksi sebuah keyboard dan stylus spesial untuk tablet Oppo Pad. 

Yang paling disorot adalah perangkat Oppo Pad ini dikirimkan dengan Android 11 out of the box, empat bulan setelah Android 12 diluncurkan secara luas. Ini adalah penjualan yang cukup sulit, terutama ketika Oppo sebelumnya bungkam mengenai rencana mereka untuk pembaruan pada produk ini.

Faktor yang berkontribusi pada software lama mungkin adalah Color OS for Pad, versi khusus dari skin Android buatan Oppo yang dirancang agar lebih pas pada layar tablet yang berukuran lebih besar. Ironisnya, desain software ini semuanya berbasis Color OS 12, yang pada intinya diperuntukkan pada Android 12, namun lapisan pondasinya masih Android 11. 

Beberapa pengoptimalan Color OS for Pad ini adalah jendela aplikasi mengambang, aplikasi paralel dan fitur berbagi antar smartphone Oppo dan Oppo Pad. 

Seperti yang telah disebutkan di atas, perangkat ini masih dijual di pasar Cina saja terlebih dahulu, dan dibanderol dengan harga sekitar Rp5,2 jutaan untuk model RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB, serta Rp6,7 jutaan untuk model RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend