Kenali Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan Penjelasannya

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan Pancasila? Pancasila merupakan suatu dasar negara Indonesia atau yang biasa disebut dengan ideologi Indonesia. Dimana itu artinya Pancasila merupakan suatu landasan dari seluruh keputusan bangsa dan juga mencerminkan suatu kepribadian bangsa Indonesia.

Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai Pancasila yang menjadi suatu ideologi didalam negara. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Seperti yang sudah kita ketahui bersama mengenai pengertian dari Pancasila yang menjadi suatu ideologi negara yaitu nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila sebagai cita-cita yang normatif didalam suatu penyelenggaraan negara.

Secara luasnya, pengertian dari Pancasila yang menjadi suatu ideologi negara Indonesia adalah suatu visi maupun arah dari penyelenggaraan di dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara di negara Indonesia adalah dengan terwujudnya kehidupan yang dapat menjunjung tinggi suatu nilai kemanusiaan, ketuhanan, kesadaran akan kesatuan, berkerakyatan dan juga menjunjung tinggi suatu nilai keadilan.

Pancasila sebagai ideologi negara juga telah tercantum didalam suatu ketetapan yaitu MPR No. 18 Tahun 1998 mengenai pencabutan dari ketetapan MPR No. 2 tahun 1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Tepat pada pasal 1 didalam ketetapan MPR itu juga menyatakan bahwasanya Pancasila yang dimaksudkan didalam Pembukaan UUD 45 adalah suatu dasar negara dari negara kesatuan Republik Indonesia yang juga wajib dilaksanakan dengan konsisten didalam kehidupan bernegara.

Dan dari ketetapan itu juga bisa kita ketahui bahwasanya di negara Indonesia kedudukan Panjasila yang menjadi ideologi nasional, tetai selain itu kedudukan Pancasila ialah menjadi dasar negara.

Makna dari Pancasila yang menjadi ideologi negara Indonesia yaitu, seperti berikut ini :

  • Nilai-nilai didalam Pancasila akan dijadikan menjadi suatu cita-cita normatif dengan penyelenggaraan bernegara yang ada di Indonesia.
  • Nilai-nilai didalam Pancasila adalah suatu nilai yang sudah disetujui dan disepakati secara bersama dan oleh karena itu dapat menjadi salah satu sarana agar dapat menyatukan masyarakat di negara Indonesia.

Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara

Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara

Esensi dan juga urgensi pancasila yang menjadi ideologi negara yaitu, sebagai berikut :

1. Hakikat Pancasila sebagai IdeologiNegara

Di bagian ini, dapat kita pahami apa itu hakikat Pancasila yang menjadi ideologi negara Indonesia. Dan hakikat tersebut juga mempunyai 3 dimensi. Berikut penjelasannya.

a. Dimensi Realitas

Dimensi ini juga mengandung suatu makna bahwasanya nilai-nilai yang mendasar juga terkandung didalam dirinya dan bersumber dari suatu nilai yang real dan hidup didalam kelompok masyarakatnya.

Hal tersebut juga mengandung suatu arti bahwasanya nilai Pancasila juga bersumber dari suatu nilai kehidupan di negara Indonesia sera juga memiliki arti bahwasanya nilai dari Pancasila harus dijelaskan didalam kehidupan sehari-hari secara nyata, baik itu yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat aaupun didalam seluruh aspek penyelenggaraan negara.

b. Dimensi Idealitas

Dimensi ini mengandung suatu cira-cita yang ingin dicapai didalam segala bidang di kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan juga bernegara. Hal tersebut juga memiliki arti bahwasanya nilai dari dasar Pancasila mengantung adanya suatu tujuan yang dapat dicapai sehingga akan menimbulkan harapan serta optimisme yang dapat menggugah motivasi untuk dapat mewujudkan cita-cita.

c. Dimensi Fleksibilitas

Dimensi ini mengandung suatu relevansi maupun kekuatan yang dapat merangsang masyarakatnya untuk bisa mengembangkan pemikiran yang baru mengenai suatu nilai dasar yang ada didalamnya.

Dengan begitu, maka Pancasila yang menjadi ideologi bersifat terbuka dikarenakan juga memiliki sifat yang demokratis dan mengandung suatu dinamika internal yang dapat merangsang maupun mengundang warga negara yang juga meyakininya untuk bisa mengembangkan pemikiran yang baru, tanpa perlu khawatir akan kehilangan hakikat pada dirinya.

2. Urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara

Didalam bagian ini, seluruh mahasiswa juga wajib untuk menyadari bahwasanya peranan ideologi negara tersebut bukanlah hanya terletak di aspek legal formal saja, tetapi juga harus ikut hadir didalam kehidupan nyata masyarakat tersebut. Beberapa peran nyata atau konkret Pancasila yang menjadi ideologi yaitu seperti pada beberapa hal berikut ini :

  • Ideologi negra menjadi suatu penuntun warga negaranya, hal itu berarti tiap perilaku dari warga negaranya haruslah didasarkan kepada preskripsi moral. Misalnya pada kasus narkoba yang sudah merebak didalam kalangan generasi muda yang menunjukkan bahwasanya preskripsi moral ideologis yang masih belum disadari kehadirannya. Oleh sebab itu, maka diperlukannya suatu norma yang dapat menjadi penuntun secara jelas, baik itu didalam suatu bentuk persuasif, imbauan ataupun penjabaran nilai Pancasila didalam produk hukum yang dapat memberikan rambu yang jelas dan juga hukuman yang setimpal untuk para pelanggarnya.
  • Ideologi negara yang menjadi penolakan kepada nilai nilai yang tak sesuai dengan sila Pancasila. Misalnya yaitu pada kasus terorisme yang sudah terjadi dalam bentuk suatu pemaksaan keinginan melalui kekerasan. Hal tersebut juga bertentangan dengan toleransi keyakinan, HAM, dan juga semangat persatuan.

Contoh Pancasila sebagai Ideologi Negara

Contoh Pancasila sebagai Ideologi Negara

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari pancasila yang menjadi suatu ideologi negara :

1. Mewujudkan suatu nilai toleransi beragama

Toleransi merupakan suatu sikap yang dapat saling menghormati diantara pemeluk agamanya. Dengan saling menghormati diantara agama tersebut, maka suatu kedamaian dapat tercipta ditengah masyarakat dan kita dapat terhindar dari suatu konflik antara agama. Berikut ini merupakan contohnya :

  • Dapat mempelajari dengan dalam lagi tentang agama kita dan juga mengajarkan apa yang sudah kita ketahui ke orang lain.
  • Dapat menjaga fasilitas keagamaan yang tersedia maupun memberikan suatu bantuan sarana dan juga prasarana keagamaan.
  • Dapat mendukung suatu kehiatan keagamaan yang ada disekitar kita, baik itu dengan harta dan juga tenaga.

2. Berani Menegur Sesuatu yang Salah

Adanya suatu keagilan yang harus ditegakkan didalam dunia ini. Oleh sebab itu, ketika terdapat sesuatu yang salah disekitaran kita, kita harus bisa dan berani untuk menegur hal itu dan juga meluruskannya. Dan jangan lupa harus dengan adab yang disesuaikan juga dengan kondisi.

3. Mendahulukan Kepentingan Bersama

Makna persatuan merupakan adanya keterikatan. Satu sebab dari persatuan yaitu terdapatnya kepentingan bersama. Oleh sebab itu, kita harus bisa mendahulukan tercapainya suatu kepentingan bersama di dalam masyarakat.

Demikianlah artikel mengenai Pancasila sebagai ideologi negara, Esensi dan Urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Contoh Pancasila sebagai Ideologi Negara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend