Para Pendiri Twitter dan Perkembangannya

Ketahui Biografi Para Pendiri Twitter Beserta Sejarah Perkembangannya

Salah satu jejaring media sosial yang nge-trend nomor dua saat ini adalah Twitter. Siapakah penggunanya? Jika dilirik dengan detail, Twitter banyak digunakan oleh hampir semua kalangan di dunia, mulai anak kecil hingga orang tua, mulai orang biasa hingga para pejabat yang memiliki kedudukan penting.

Indonesia merupakan negara ketiga yang masyarakatnya banyak mengakses layanan media bersimbolkan burung ini setelah Amerika dan Jepang. Menurut para user, mereka lebih memilih Twitter dibanding medsos lainnya dengan berbagai pertimbangan. Alasan tersebut antara lain karena simpel, koneksinya luas, cepat dalam meng-update informasi, responsif, kontennya dapat dibatasi, dan user dapat mengatur timeline-nya masing-masing sesuai yang dikehendaki.

Awal mula pendirian Twitter tidak lepas dari peran empat orang programmer komputer Amerika yang bernama Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams. Keempat orang tersebut memiliki minat yang sama di bidang komputer, bisnis, dan enterprenership.

Para Pendiri Twitter

1. Jack Dorsey

Twitter CEO Jack Dorsey poses during a photo shoot in Sydney, New South Wales. (Photo by Jack Dorsey/Newspix/Getty Images)

Jack Dorsey lahir di St. Louis, Missouri, pada tanggal 19 November, 1976. Ketertarikannya dan bakatnya di dunia komputer dan komunikasi sudah nampak sejak ia duduk di bangku SMA. Saat berusia 15 tahun, Dorsey menciptakan software perangkat lunak untuk mengkoordinasi para sopir taxi agar bisa berkomunikasi satu sama lain. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Sains dan Teknologi Missouri lalu pindah ke New York University. Namun akhirnya ia drop out.

2. Noah Glass

Noah Glass merupakan salah satu pendiri Twitter yang sosoknya kurang dikenal oleh publik. Seperti halnya programmer yang lain, Glass tidak lulus dari kuliahnya. Sebelum bertemu dengan Evan Williams, ia bekerja di perusahaan Industrial Light and Magic milik George Lucas. Ia juga bekerja dengan Marc Canter, pendiri Macromedia. Noah Glass juga merupakan pencetus Odeo, software yang mampu mengubah voicemail menjadi MP3 dan menyimpannya di internet.

3. Biz Stone


Biz Stone, nama lengkapnya Christopher Isaac Stone, lahir pada tanggal 10 Maret 1974 di Boston, Massachusetts. Stone melanjutkan studinya di dua universitas di Boston, Northeastern University dan University of Massachusetts. Ia lalu bekerja sebagai desainer di Penerbit Little, Brown, and Co.

Pada tahun 1999-2001, Stone bekerja sebagai creative director di sebuah komunitas blog yang bernama Xanga. Stone lalu diajak Evan Williams untuk bergabung di perusahaan software ternama, Blogger. Stone bertahan di Blogger hingga tahun 2005. Stone kemudian bekerja sama dengan Williams untuk mendirikan Odeo, sebuah perusahaan podcasting.

4. Evan Williams


Evan Williams lahir di Clarks, Nebraska pada tanggal 31 Maret 1972. Ia anak seorang petani di Nebraska. Williams kuliah di University of Nebraska namun tidak sampai lulus. Pada pertengahan tahun 1990-an, ia dan ayahnya menjalankan perusahaan yang bergerak di bidang website.

Ia kemudian bekerja sebagai web developer di beberapa perusahaan komputer di California. Pada tahun 1999, Williams mendirikan Pyra Labs. Pada perkembangan selanjutnya, ia bersama dengan Stone mengembangkan Blogger yang pada tahun 2003 dibeli Google. Pada tahun 2004 Williams meninggalkan Google dan mendirikan Odeo.

Sejarah Perkembangan Twitter

Munculnya Twitter dimulai setelah Odeo, yang dibentuk oleh Glass, Williams, dan Stone mengalami kegagalan. Kegagalan ini terjadi karena Odeo kalah bersaing dengan iTunes Store rilisan Apple dengan fasilitas serupa. Di waktu yang bersamaan, Dorsey ingin membuat situs yang dapat mengirimkan pesan instan yang memiliki jangkauan luas secara mudah. Namun ia merasa kesulitan untuk mengembangkannya sendiri. Akhirnya, Dorsey dan ketiga pendiri Odeo bekerja sama untuk mengolah proyek tersebut hingga terbentuklah perusahaan baru yang bernama Obvious Corporation pada tahun 2006.

Obvious Corp berhasil membuat aplikasi-aplikasi baru, salah satunya aplikasi messaging “Twttr”. Nama ini berasal dari gagasan Glass. “Twttr” merupakan situs microbloging yang memungkinkan user untuk menulis segala hal yang mereka kehendaki, baik tentang fashion, politik, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Dengan aplikasi tersebut, user dapat mengirimkan pesan ke satu nomor dan diteruskan ke semua kontak yang diinginkan. Akhirnya, pada Maret 2006, Twitter diluncurkan dengan gambar burung sebagai logonya. Pada Juli 2006, “twttr” mulai diperkenalkan ke publik dan dalam perkembangannya “twittr” berubah nama menjadi “twitter”.

twitter-user-growth

Sejak awal berdirinya, karakter Twitter terbatas maksimal hanya 140 saja. Hal ini disebabkan karena Twitter memang dirancang menjadi platform SMS seluler dan dengan tujuan branding. Dengan demikian para user dapat langsung menuliskan apa yang ingin mereka sampaikan tanpa perlu bertele-tele.

Pada April 2007, Twitter berdiri sendiri sebagai perusahaan yang baru dengan Dorsey sebagai CEO-nya. Sejak saat itu, Glass sudah tidak bergabung lagi. Pertumbuhan Twitter secara besar-besaran terjadi pada tahun itu juga yaitu saat diadakannya Konferensi South by Southwest Interactive (SXSWI). Selama konferensi berlangsung, penggunanya meningkat dari 20.000 tweet per hari menjadi 60.000. Hingga Maret 2009, Nielsen Online melaporkan bahwa Twitter tumbuh 1,382 % dari tahun ke tahun. Pada tahun itu juga, logo Twitter didesain ulang oleh Biz Stone dan Philip Pascuzzo. Logo baru ini terkenal dengan sebutan Larry the Bird.

Pada April 2010, Twitter mengembangkan aplikasinya sehingga dapat diunduh di iPhone, iPad dan Mac serta memperbarui tampilannya pada Oktober 2010, dan sejak saat itu user dapat melihat gambar dan video tanpa menutup halaman Twitter. Pada tanggal 1 November 2010 perusahaan mengumumkan bahwa Twitter sudah dapat diakses oleh semua user.

Pada Maret 2011, tercatat sekitar 140 juta tweet diposting setiap harinya. Pada tanggal 20 April 2011, memperkenalkan beranda baru. Pada tanggal 8 Desember 2011, memperbarui tampilannya dengan menampilkan desain “Fly” untuk mempromosikan iklan. Selain itu, tab Home, tab Connect, tab Find, Profil dan Timeline juga didesain ulang. Pada tanggal 2 Februari 2012, bekerja sama dengan Yandex, mesin pencari milik Rusia.

Seiring perkembangannya, kantor Twitter yang semula berpusat di San Fransisco, California, kini mulai membuka kantor-kantor baru di Amerika. Kantor-kantor tersebut antara lain terletak di Atlanta, New York, Los Angeles, Sunnyvale, dan kota-kota lainnya. Twitter mengumumkan pembukaan kantor barunya di Detroit dan Dublin pada April 2012.

Pada tanggal 5 Juni 2012, logo Twitter dimodifikasi lagi oleh Douglas Bowman. Logo baru ini lebih mirip dengan burung bluebird gunung yang dikenal dengan sebutan Twitter Bird. Logo inilah yang dipakai Twitter hingga saat ini.

Untuk memperkuat kedudukan, perusahaan mengakusisi beberapa perusahaan terkenal. Di antaranya Vine, sebuah perusahaan klip video, pada Oktober 2012. Pada tanggal 24 Januari 2013, resmi merilis Vine. Dengan aplikasi ini para user dapat membuat dan berbagi klip vidio perulangan enam detik. Pada tanggal 28 Januari 2013, mengakuisisi Crashlytics. Pada tanggal 18 April 2013, merilis aplikasi Twitter Music untuk iPhone. Pada tanggal 28 Agustus 2013, mengakuisisi Trendrr. Pada 9 September 2013, perusahaan ini juga mengakuisisi MoPub.

Pada tanggal 19 Juli 2014, Twitter mengumumkan akan membeli SnappyTV. Pada Juli 2014, mengumumkan untuk membeli perusahaan CardSpring. Twitter juga mengumumkan bahwa telah mengakuisisi perusahaan Mitro. Pada tangal 29 Oktober 2014, melakukan kerja sama dengan IBM. Pada tanggal 11 Februari 2015, resmi mengakuisisi Niche. Pada 13 Maret 2015,  mengakuisisi Periscope. Pada tahun ini juga, mengakuisisi TellApart. Mulai tahun ini pertumbuhan Twitter melambat. Kemudian pada Juni 2016, mengakuisisi Magic Pony.

Pada tanggal 30 Mei 2014, font yang digunakan Twitter.com berubah, yang semula menggunakan Helvetica Neue menjadi Gotham. Beranda desktop mengalami perubahan pada April 2015. Pada Oktober 2015, Twitter memperkenalkan Moments, yaitu sebuah fitur di mana user dapat membuat tweet dari user lain ke dalam koleksi yang lebih luas. Karakter Twitter yang awalnya hanya 140 karakter digandakan menjadi 280 karakter pada 7 November 2017. Perubahan ini terjadi di semua bahasa kecuali Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Itulah penjelasan tentang biografi pendiri Twitter. Twitter telah memiliki aplikasi seluler untuk iPad, Windows 10, iPhone, Android, BlackBerry, Windows Phone dan Nokia S40. Pada bulan April 2017, Twitter memperkenalkan Twitter Lite, sebuah aplikasi web yang dirancang khusus untuk user yang memiliki koneksi internet lambat.

Leave a Reply

Send this to a friend