• Our Partners:

Paten Baru Samsung Ungkap Layar Smartphone Yang Bisa Dilepas dan Jadi Gelang Kebugaran

Paten Baru Samsung Ungkap Layar Smartphone Yang Bisa Jadi Gelang Kebugaran

NESABAMEDIA.COMSamsung kembali mengajukan sebuah paten yang merujuk pada desain smartphone yang cukup unik. Ini adalah faktor bentuk ‘Candy-Bar’ yang standar tetapi dengan layar yang bisa dilepas. Seluruh layar tidak terlepas dari bodi smartphone, meski hanya sebagian saja. 

Gambar dalam pengajuan paten itu menunjukkan bagian atas smartphone dapat dilepas dan kemudian dililitkan pada permukaan yang melengkung, seperti pergelangan tangan. Dengan demikian, ini mirip sebuah gelang kebugaran. Namun, karena layarnya yang tidak cukup panjang untuk melingkari pergelangan tangan seluruhnya, layarnya agak tidak aman di bagian atas. 

Ini adalah sebuah paten desain, sehingga tidak ada informasi tentang bagaimana seluruh pengaturan akan bekerja atau tujuan dari bagian layar yang bisa dipisah itu akan berfungsi nantinya. Deskripsi yang ada secara eksplisit menjelaskan itu adalah desain hias untuk perangkat layar, yang hanya mencakup penampilan produk. 

Namun jika dilihat lebih seksama dari dekat, gambar paten itu menunjukkan adanya dua tombol yang berada di samping layar kecil itu. Jadi mungkin ini akan bertindak sebagai tombol pengontrol smartphone dari jarak jauh. Pengguna juga bisa melakukan berbagai tindakan lain seperti melakukan panggilan, melihat notifikasi, membalas pesan dengan cepat dan banyak lagi lainnya. Layar yang bisa dilepas itu juga bisa berfungsi ganda sebagai gelang kebugaran. 

Layar yang bisa dilepas kemungkinan akan terhubung ke smartphone melalui konektor pin atau magnet. Itu sepertinya akan memiliki baterai sendiri dan menarik daya dari baterai utama saat terhubung. Saat terlepas dari bodi, layar kecil itu mungkin terhubung ke perangkat melalui Bluetooth.

Samsung telah mengajukan paten desain ini ke World Intellectual Property Organization (WIPO) pada bulan Juni 2018 silam. Paten tersebut baru diberikan dan diterbitkan awal pekan ini. Selama ini Samsung memang dikenal seringkali mengajukan paten untuk ratusan desain setiap tahun. Namun hanya segelintir di antaranya yang keluar sebagai produk nyata. 

Mengingat paten tersebut telah diajukan sejak tiga tahun yang lalu dan desain yang ada di paten itu tidak terlihat bisa bertahan lama untuk masa sekarang ini, atau bahkan tidak ada perangkat smartphone yang mendukung model semacam itu, kemungkinan besar paten ini tidak akan benar-benar menjadi sebuah produk yang nyata nantinya.

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend