Pembaruan KB5003214 Kacaukan Tampilan Ikon di Taskbar Windows 10

Pembaruan KB5003214 Kacaukan Tampilan Ikon di Taskbar Windows 10

NESABAMEDIA.COMSejumlah pengguna Windows 10 mengeluhkan adanya masalah pada tampilan ikon di Taskbar setelah mereka memperbarui sistem operasi menggunakan pembaruan KB5003214. Meskipun pembaruan ini merupakan pembaruan opsional, namun banyak juga yang mencoba untuk mengunduh dan memasangnya, karena ingin mencoba fitur baru dan juga mendapatkan perbaikan yang akan hadir di pembaruan bulan Juni ini. 

Salah satu fitur yang paling ditunggu oleh para pengguna di pembaruan KB5003214 itu adalah fitur News & Interest, yang rupanya disebutkan menjadi biang kerok masalah yang terjadi sekarang ini.

Bagi pengguna Windows 10, khususnya mereka yang bergabung di program Windows Insider, sudah menjadi hal yang biasa jika perangkat mereka mengalami error setelah memasang pembaruan yang dikirimkan Microsoft. Meski dari pihak Microsoft sendiri cukup cepat untuk mengirimkan perbaikan atas sejumlah bug yang muncul itu, hal itu tetap saja mengganggu.

Kali ini, pengguna Windows 10 yang menjalankan versi 2004, 20H2 dan 21H1 melaporkan bahwa mengalami mengalami masalah tampilan di bagian Taskbar, di mana ikon-ikon yang ada jadi muncul bertumpuk satu sama lain.

Masalah ini diketahui muncul pada pengguna yang telah memperbarui Windows 10 mereka dengan pembaruan KB5003214 terbaru, di mana ini adalah pembaruan opsional yang ditujukan untuk para pengguna bisnis maupun personal untuk mencoba beberapa perbaikan yang ada di pembaruan bulan Juni. Pembaruan ini juga menghadirkan fitur News & Interest di Start Menu dan kini dituduh menjadi biang permasalahan. 

Ikon Error di Taskbar

Ikon Error di Taskbar

Salah seorang pengguna di forum Reddit mengatakan: “Saya mengalami masalah yang ternyata ini berasal dari fitur Taskbar yang baru yaitu News & Interest. Saya baru saja mendapatkan fitur ini, dalam beberapa minggu sebelumnya, tidak ingat persisnya kapan, karena saya langsung mematikannya, dan semua baik-baik saja. Namun setelah beberapa pembaruan kemarin, area notifikasi di ujung kanan Taskbar mulai terlihat aneh”.

Setelah sejumlah pengguna lain mencoba memahami masalah tersebut, mereka menemukan bahwa ikon di Taskbar yang menjadi saling bertumpuk itu dikarenakan adanya bug, sebagai dampak dari menonaktifkan fitur News & Interest. Setelah fitur News & Interest itu diaktifkan kembali, maka ikon akan kembali tersusun rapi seperti seharusnya. 

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencopot pembaruan KB5003214. Selain dua cara itu, tidak ada lagi kecuali menunggu perbaikan resmi dari pihak Microsoft. 

Leave a Reply

Send this to a friend