Pembaruan Pratinjau Windows 10 21H1 Berikan Peningkatan Performa Pada File Explorer

Pembaruan Pratinjau Windows 10 21H1 Berikan Peningkatan Performa Pada File Explorer

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 versi 21H1 yang akan datang tampaknya akan memperbaiki bug yang sudah lama ada di File Explorer. Setelah pembaruan November 2019, beberapa pengguna mengeluh bahwa mereka mengalami masalah dengan platform pencarian terintegrasi di File Explorer yang dirancang untuk menawarkan pengalaman pencarian yang lebih cepat dengan tampilan antarmuka pratinjau yang baru. 

Lalu pada pembaruan Windows 10 Mei 2020, Microsoft mampu mengatasi masalah kinerja pada pencarian taskbar dan memulihkan dukungan untuk fitur klik kanan. Sayangnya, beberapa pengguna masih mengeluhkan bahwa jendela File Explorer sering mengalami freeze dan proses dari explorer.exe tiba-tiba mengalami penggunaan sumber daya yang sangat tinggi. 

Pada tanggal 15 Maret yang lalu, Microsoft mulai meluncurkan pembaruan kumulatif baru untuk pratinjau Windows 10 versi 21H1 dan pembaruan tersebut disebutkan telah memperbaiki masalah yang menyebabkan proses explorer.exe menghabiskan penggunaan memori dalam jumlah besar. 

Dengan pembaruan build 19043.899, Microsoft juga telah memperbaiki sebuah masalah di mana kolom header di File Explorer, mengalami stuck pada bagian Computing Filters atau tidak menghasilkan apa-apa ketika pengguna melakukan klik pada filters, seperti yang terlihat dalam tangkapan layar berikut ini.

File Explorer Computing Filters Stuck

File Explorer Computing Filters Stuck

Saat diuji coba oleh sejumlah pengguna, ditemukan bahwa bug tersebut rupanya juga muncul di Windows 10 versi 20H2 atau 2004, di mana kolom header tidak menampilkan fitur filter apapun. Khususnya, masalah ini hanya terjadi ketika pengguna melakukan pencarian di File Explorer dan mengklik tanda panah di sebelah kolom header untuk melihat daftar file yang tersedia untuk hasil pencarian.

Selain menghadirkan peningkatan performa yang lebih baik untuk filter pencarian, Microsoft juga telah mengatasi masalah yang mungkin menjadi penyebab dari jendela File Explorer yang tidak merespon selama beberapa menit. Masalah ini terjadi hanya ketika pengguna mencoba menghubungkan ulang perangkat ke jaringan dan menggunakan perangkat yang sudah dipetakan. 

Meskipun hampir semua masalah kritis telah diperbaiki, sebuah bug langka di mana kotak pencarian di File Explorer tidak memberikan respon masih belum mendapatkan perbaikan. 

Nantinya, selain perubahan pada File Explorer, Windows 10 versi 21H1 diyakini akan dirilis dengan tambahan sejumlah opsi baru untuk pengaturan Windows Hello dan peningkatan kualitas secara umum.

Leave a Reply

Send this to a friend