• Our Partners:

Pembaruan Windows 10 20H2 build 19042.608

Pembaruan Windows 10 20H2 Ternyata Berukuran Sangat Kecil

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 20H2 periode Oktober 2020 akan dirilis ke pengguna dalam beberapa hari ke depan. Namun pembaruan ini bisa didapatkan sekarang juga, jika mengikuti program beta tester di Windows Insider. 

Meski pembaruan ini akan dirilis mulai bulan depan, namun pihak Microsoft tidak akan merilis pembaruan untuk versi tersebut setidaknya hingga tahun depan. Sebab, pihaknya akan lebih fokus terlebih dahulu untuk memberikan support kepada pengguna yang melakukan peningkatan versi Windows 1903 dan 1909, yang tidak lagi mendapat dukungan dari Microsoft.

Untuk melakukan pembaruan ke versi 20H2 ini, pengguna tinggal membuka halaman Update & Security di pengaturan Windows 10, dan menekan tombol “Download and Install”. Microsoft sendiri tidak akan memaksa atau menjadikan pembaruan ini terinstal otomatis tanpa persetujuan dan pengetahuan pengguna. 

Prosesnya secara garis besar masih tetap sama dengan proses pembaruan di versi-versi Windows sebelumnya, namun ada sedikit perbedaan yakni adanya fitur “Enablement Package”, yang akan mengubah versi Mei 2020 ke pembaruan fitur Oktober 20H2. 

Ukuran dari pembaruan ini tenyata tidak sebesar yang diperkirakan banyak pihak. Ukurannya hanya sekitar 100MB, dan bisa didownload hanya dalam waktu beberapa menit saja dengan kecepatan internet kebanyakan saat ini. 

Memang ukuran 100MB itu tidak begitu mengherankan, dikarenakan pembaruan secara signifikan itu hampir bebas dari pembaruan fitur-fitur penting dan menjadi langkah dari Microsoft untuk berusaha mengembalikan proses pembaruan ke metode lama. 

Pembaruan berikutnya pada versi 20H2 itu pun juga diprediksi akan hadir dengan ukuran yang sangat kecil. Sebab, pada versi 2004, sebenarnya sudah berisi sejumlah fitur-fitur penting yang disiapkan untuk versi 20H2. Dengan kata lain, para pengguna yang menggunakan Windows 10 versi 2004, akan otomatis berubah menjadi versi 20H2 jika “enablement package” itu telah terdeteksi oleh sistem.

Sebagai informasi tambahan, pada pembaruan versi 2004(periode Mei 2020), pengguna mendapatkan pembaruan dengan ukuran yang sangat besar yakni mencapai lebih dari 400MB, dan ratusan MB lagi pada pembaruan rutin berikutnya, yang ternyata berisi pembaruan yang disiapkan untuk versi 20H2. 

Namun, para pengguna yang akan melakukan pembaruan ke versi 20H2, dan belum memiliki versi 2004, diperkirakan harus melakukan unduhan pembaruan dengan ukuran mencapai sekitar 4GB. 

Leave a Reply

Send this to a friend