Aplikasi Tune Up PC dan Laptop Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Tune Up PC / Laptop Terbaik untuk Pengguna Windows

Seiring berjalannya waktu penggunaan PC atau laptop secara terus menurus dalam kurun waktu yang cukup lama bisa membuat PC atau laptop Anda akan semakin berat kinerjanya. Penyebabnya bisa karena umur hardware yang melemah terutama hardisk dan juga bisa karena sistem operasi yang belum optimal.

Kinerja PC atau laptop yang semakin lambat biasa wajar terjadi, tapi sebenarnya Anda bisa saja mengoptimalkan kembali kinerja dari sistem operasi PC atau laptop Anda dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa meningkatkan kinerja PC atau laptop.

Aplikasi Tune Up Terbaik

Banyak aplikasi yang tersedia untuk mengoptimalkan kembali kinerja dari PC atau laptop Anda. Tapi, Anda disini pasti masih bingung aplikasi mana yang cocok untuk PC atau laptop Anda. Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi tune up yang bisa Anda pilih dan gunakan. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. CCleaner

CCleaner

CCleaner merupakan salah satu aplikasi tune up atau aplikasi yang berguna untuk mengoptimalkan kinerja PC atau laptop dengan interface yang sangat mudah digunakan. Aplikasi CCleaner ini mempunyai kesederhanaan dan fitur yang gampang dimengerti makanya tidak heran jika banyak orang yang memilih aplikasi CCleaner ini.

Aplikasi CCleaner tersedia dalam dua versi ada versi gratis dan versi berbayar. Untuk versi gratisnya saja Anda sudah bisa mendapatkan fitur yang lumayan lengkap seperti melakukan optimalisasi registry, membersihkan file sampah atau cache untuk mengoptimalkan ruang memori atau penyimpanan, tools system service untuk memanajemen service sistem operasi, dan lain sebagainya.

Tapi Anda perlu melakukan pembersihan secara rutin jika menggunakan aplikasi CCleaner ini minimal 1 bulan sekali, karena aplikasi CCleaner sederhana dan tidak memunculkan notifikasi untuk melakukan optimalisasi.

2. IObit Advanced SystemCare

IObit Advanced SystemCare

IObit Advanced SystemCare merupakan aplikasi untuk meningkatkan kinerja PC atau laptop yang lebih ditujukan untuk sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 10. Aplikasi Iobit Advanced SystemCare ini sudah mempunyai lebih dari 250 juta pengguna yang berlangganan premium.

Jadi, aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi kehebatannya. Aplikasi ini memiliki 3 teknis perlindungan utama. Berikut ini 3 teknis perlindung yang dimiliki aplikasi Iobit Advanced SystemCare:

  • Cleaner & Smoother PC : Aplikasi ini memudahkan Anda untuk membersihkan dan meningkatkan kinerja PC atau laptop Anda, hanya dengan sekali klik aplikasi akan secara otomatis membersihkan registry, shortcut yang gagal, temporary files atau file sementara.
  • Faster PC & Online Surfing : Aplikasi ini memberikan Anda rekomendasi untuk mematikan sistem service dan plugin pada browser Anda. Sehingga PC atau laptop Anda bisa hidup dan browsing lebih cepat karena proses yang ada di CPU akan menjadi lebih sedikit tapi akan tetap stabil.
  • Real-time Protecting & Monitoring : Real-time protecting dijalankan pada sistem kernel dengan resource yang rendah dan berfungsi untuk mendeteksi adanya malware dan spyware. Selain itu, penggunaan RAM/CPU/GPU juga dianalisis untuk mengingatkan pengguna jika PC atau laptop mengalami overheat.

3. AVG PC TuneUP

Aplikasi Tune Up Terbaik

AVG PC TuneUp merupakan aplikasi tune up yang sangat powerful untuk membuat sistem tetap sehat dan juga dapat membersihkan file sampah atau cache. Aplikasi AVG PC TuneUP ini memiliki fitur yang dapat membersihkan drive, mengoptimalkan performa Windows, menutup celah keamanan, dan juga dapat menghemat penggunaan daya baterai pada PC atau laptop.

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur Sleep Mode yang memiliki fungsi untuk menonaktifkan sementara program atau aplikasi yang tidak diperlukan, dan akan mengaktifkanya kembali jika Anda membutuhkannya.

Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada performa Windows yang menjadi lebih ringan serta hemat energi. Aplikasi AVG PC TuneUP juga bisa digunakan untuk membersihkan registry entry, temporary file, file duplikasy, cache, dan lain sebagainya.

4. Ashampoo WinOptimizer

Ashampoo WinOptimizer

Ashampoo WinOptimizer merupakan salah satu aplikasi tune up dan pembersih file sampah atau cache di Windows yang cukup dibilang powerful. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membersihkan file – file sampah atau cache yang ada di sistem Windows sehingga akan menjaga kinerjanya agar tetap optimal.

Salah satu fitur yang dimiliki aplikasi Ashapoo WinOpstimizer ini adalah 1-click optimization. Fitur ini dapat melakukan beberapa fungsi secara sekaligus, mulai dari melakukan scanning dan membersihkan PC atau laptop secara tuntas, membersihkan file sampah atau cache, scan registry entry, serta memberi ruang kosong pada drive.

Aplikasi ini juga mampu mendeteksi file berbahaya pada PC atau laptop Anda. Tapi, jika Anda ingin menikmati fiturnya secara lengkap Anda harus membeli versi Pro terlebih dahulu.

5.  Razer Cortex

Razer Cortex

Razer Cortex merupakan aplikasi tune up yang sangat populer di kalangan para gamers karena aplikasi ini bisa digunakan untuk booster atau membersihkan memori dari program atau aplikasi yang tidak dibutuhkan saat bermain game. Aplikasi ini menyimpan preferensi daftar game yang pernah Anda mainkan.

Aplikasi Razer Cortex mempunyai fitur untuk membersihkan file cache dan mengoptimalkan performa PC atau laptop agar selalu cepat dan ringan. Tampilan antarmuka yang dimilikinya juga sangat mudah digunakan. Aplikasi ini juga memiliki fitur 1-click booster yang mana dapat melakukan beberapa pekerjaan hanya dengan satu klik saja.

6. Total PC Cleaner

Aplikasi Tune Up Terbaik untuk Windows

Total PC Cleaner merupakan aplikasi tune up dan pembersih file cache atau sampah yang bisa Anda unduh di Microsoft Store. Aplikasi ini mampu untuk membersihkan dan mengoptimasi penggunaan memori sehingga akan selalu menjaga PC atau laptop Anda menjadi tetap ringan.

Tampilan yang dimiliki aplikasi ini sangat sederhana sehingga akan memudahkan para penggunanya untuk menggunakannya. Jendela utama dari aplikasi ini hanya terdapat satu halaman untuk melakukan scanning. Anda hanya tinggal memilih file sampah yang ingin dibersihkan lalu Anda tinggal mengklik tombol Scan.

7. Advanced System Optimizer

Advanced System Optimizer

Advanced System Optimizer merupakan aplikasi tune up yang memiliki fitur cukup lengkap. Aplikasi ini akan selalu membuat PC atau laptop Anda tetap sehat. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membersihkan fille – file sampah seperti cache, log, junk files, dan lain sebagainya. Selain itu juga dapat digunakan sebagai sistem booster dan antimalware.

Walaupun fitur dan tools yang ditawarkan cukup banyak tapi aplikasi ini tetap sangat mudah untuk digunakan. Tata letak navigasinya sangat tepat dan termasuk user friendly sehingga tampilannya terlihat bersih. Cukup sekali melihat Anda pasti langsung mengerti apa saja fungsi – fungsi yang dimiliki aplikasi ini.

8. Avast Cleanup

Avast Cleanup

Avast Cleanup merupakan aplikasi tune up dan cleaner PC yang dikembangkan oleh perusahaan antivirus yang terkenal. Aplikasi ini juga sangat powerfuluntuk selalu menjaga sistem PC atau laptop Anda untuk tetap ringan dan bersih.

Aplikasi Avast Cleanup juga dapat melakukan deep scan untuk mendeteksi file – file yang tidak perlu berada di sistem Windows lalu membersihkannya. Sehingga akan memberikan space baru pada penyimpanan drive Anda.

9. iolo System Mechanic

iolo System Mechanic

iolo System Mechanic merupakan aplikasi yang dianugrahkan sebagai aplikasi terbaik dalam melakukan optimalisasi pada sistem PC atau laptop tahun 2017. Aplikasi ini sudah hadir sejak tahun 1998. Aplikasi ini dapat memberikan optimalisasi secara real time dalam penggunaan RAM dan prosesor.

Selain itu, aplikasi iolo System Mechanic ini juga dapat melakukan optimalisasi registry dan sistem driver untuk memperbaik bug – bug yang ada di PC atau laptop. Anda juga dapat menggunakan fitur Protects Privacy and Policy yang dapat menjaga privacy Anda dari penyadapan lewat internet.

10. Disk Celanup

Disk Celanup

Disk Cleanup merupakan fitur cleaner bawaan dari sistem operasi Windows yang tidak kalah dengan aplikasi pesaingnya. Aplikasi ini cocok digunakan pada windows 7 dan windows 8 yang tidak mempunyai fitur Storage Sense seperti yang dimiliki Windows 10.

Walaupun aplikai Disk Cleanup ini adalah aplikasi bawaan yang sudah ada sejak lama, tapi masih banyak orang yang tidak menghiraukannya. Padahal fungsi yang dimilikinya dapat bersaing dengan baik dengan aplikasi tune up atau cleaner lainnya.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi tune up untuk PC atau laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend