• Our Partners:

Pembaruan Windows 10 Blokir Drivers Abal-abal

Pembaruan Windows 10 Blokir Driver Abal-Abal, Kabar Buruk Bagi Pemilik Hardware Jadul

NESABAMEDIA.COMPembaruan bulan Oktober yang dirilis hari Selasa kemarin (13/10), salah satunya difokuskan untuk proses verifikasi driver di perangkat Windows 10. Tujuannya untuk mencegah malware memanfaatkan celah di driver yang kemudian bisa merusak perangkat Windows 10. Namun tak berselang lama dari perilisan, pembaruan itu melahirkan masalah yang cukup krusial. 

Sebagai bagian dari peningkatan sistem keamanan, Microsoft mengatakan bahwa Windows 10 kini akan memblokir pengguna untuk menginstal driver yang tidak diketahui publishernya. Meski memang sangat penting untuk sistem keamanan, namun perubahan ini bisa berujung pada kegagalan sistem secara keseluruhan. 

Pihak Microsoft sendiri sudah mengetahui adanya dua pesan error yang dialami pengguna ketika gagal memperbarui atau menginstal driver untuk perangkat mereka. Pesan error itu adalah “Windows can’t verify the publisher of this driver software” dan “No signature was present in the subject”.

Jika pengguna mendapatkan pesan error dan permasalahan di atas, Microsoft kemudian menyarankan pengguna untuk menghubungi pihak pembuat driver tersebut. 

Hal ini tentu saja menjadi kabar buruk bagi para pengguna Windows 10 dengan perangkat hardware jadul. Kebanyakan hardware tersebut memang belum memiliki signature atau detail perilisan resmi dari pabrik. 

Maka kemungkinan besar mereka akan mengalami sejumlah masalah dengan perangkat mereka, ketika melakukan instalasi pembaruan bulan Oktober tersebut. Bisa saja masalah yang terjadi adalah performa yang dihasilkan hardware tidak bisa bekerja maksimal. Atau mungkin juga tidak akan bisa digunakan sama sekali, karena drivernya terblokir oleh sistem keamanan baru yang telah diterapkan oleh Microsoft.

Sejauh ini, driver dari pabrikan seperti Intel, Nvidia dan juga AMD tidak akan mengalami masalah di atas, karena telah kompatibel dengan sistem validasi model baru yang ada di Windows 10. 

Peningkatan sistem keamanan dengan memblokir driver yang tidak terdaftar atau tidak bisa diverifikasi ini, merupakan bagian dari strategi Microsoft untuk meminimalisir kerusakan perangkat Windows 10 yang diakibatkan oleh driver abal-abal. 

Sementara di sisi lain, Microsoft juga aktif bekerjasama dengan pabrikan seperti Dell, HP dan Intel, agar pabrikan tersebut aktif merilis signature di driver yang dipublish, sehingga masalah pemblokiran driver tidak mengganggu para pengguna.

Leave a Reply

Send this to a friend