• Our Partners:

Cloud Clipboard Windows 10

Pembaruan Kumulatif KB4579311 Windows 10 Bawa Perbaikan Dan Peningkatan Fitur Keamanan

NESABAMEDIA.COMSeperti yang sudah diperkirakan, Microsoft merilis pembaruan kumulatif mereka untuk Patch Tuesday di bulan Oktober 2020 ini. Namun sayangnya ini bukan pembaruan 20H2 seperti yang ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna. Melainkan pembaruan kumulatif KB4579311.

Target dari pembaruan kumulatif KB4579311 ini adalah para pengguna Windows 10 versi 2004 secara keseluruhan. Ketika terinstal, maka versi build Windows 10 pengguna akan berubah menjadi 19041.572. Pihak Microsoft menjelaskan jika pembaruan ini difokuskan pada peningkatan sisi keamanan, sesuai dengan pembaruan bulanan yang selama ini dijadwalkan oleh mereka.

Pembaruan kumulatif KB4579311 ini akan meningkatkan fitur keamanan yang ada di Windows 10. Selain itu juga membawa sejumlah perbaikan bug yang ditemukan di aplikasi Office serta peningkatan untuk pengecekan username dan password pengguna.

Lebih mendetail, Microsoft memberikan peningkatan keamanan kritikal, yang sebelumnya diketahui adanya sebuah celah yang memberikan akses pihak ketiga di file sistem win32k. Dalam pembaruan itu juga disematkan perbaikan pada bug pembuatan port menjadi null melalui antarmuka pengguna. Sejumlah bug pada Group Policy Editor juga turut mendapatkan perbaikan.

“Kami telah merilis perbaikan pada layanan Group Policy Editor, yang sebelumnya terdapat bug yang bisa menghapus file penting secara berurutan alfabet, di systemroot. Masalah ini muncul ketika Policy Editor diatur untuk menghapus file cache profile. Karena file di systemroot yang penting itu terhapus, maka komputer akan mengalami crash,” kata Microsoft.

Aplikasi yang terdampak oleh sejumlah bug di atas yakni, Windows Apps Platform and Frameworks, Windows Media, Windows Authentication, Windows Kernel, Microsoft Graphic Component, Windows Fundamentals, dan Windows Virtualization.

Namun sayangnya, pembaruan kumulatif KB4579311 ini juga dilaporkan menimbulkan masalah baru saat diinstal. Masalah ini merupakan masalah lama yang hingga sekarang masih belum mendapatkan perbaikan. Pertama adalah bug IME untuk bahasa Jepang dan Cina yang tidak terdeteksi. 

Kemudian bug kedua yaitu adanya bug yang mencegah adanya instalasi driver pihak ketiga di perangkat pengguna. Pesan error yang muncul adalah “Windows cannot verify the publisher of this driver software.” Microsoft pun menyarankan pengguna yang mengalami error tersebut untuk menghubungi pihak pembuat driver hardware untuk meminta file instalasi manual. 

Selain kedua bug lama di atas, belum ada laporan adanya bug baru yang muncul setelah pembaruan KB4579311 tersebut. Pasalnya pembaruan ini masih kurang dari 2 hari dari perilisan secara global, dan pengguna diminta untuk waspada.

Leave a Reply

Send this to a friend