Pengertian Bahasa Beserta Fungsi, Ciri-Ciri dan Sifat Bahasa

Pengertian Bahasa

Tahukah Anda apa pengertian dari bahasa ? Pengertian bahasa secara umum yaitu merupakan sebuh alat komunikasi yang harus dimiliki oleh setiap orang, bahasa berbentuk suatu sistem lambang bunyi dan asalnya dari suatu alat ucap atau pada mulut manusia.

Tidak hanya itu, beberapa orang juga ada yangmengatakan pengertian bahasa merupakan sebuah kemampuan yang dipunyai oleh setiap orang untuk dapat berkomunikasi dengan manusia yang lainnya. Manusia bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya dapat menggunakan simbol ataupun tanda, contohnya yaitu seperti gerakan tubuh dan kata-kata.

Dalam bahasa juga terdapat sekumpulan kata yang mana setiap kata tersebut mempunyai suatu makna dan juga hubungan yang abstrak dengan sebuah konsep maupun objek yang diwakilkan oleh kata-kata. Penggunaan bahasa juga biasanya berdasarkan oleh seperangkat peraturan, sehingga kata-kata yang akan diucapkan maupun ditulis dapat mengikuti peraturan yang tertentu.

Pengertian Bahasa Menurut Beberapa Para Ahli

Pengertian Bahasa adalah

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dari bahasa, Anda dapat mengacu pada pendapat dari para ahli dibawah ini mengenai pengertian dari bahasa. Berikut adalah pengertian bahasa menurut beberapa para ahli :

1. Menurut Ferdinand De Saussure

Ferdinand De Saussure beranggapan bahwa pengertian dari bahasa yaitu merupakan suatu ciri-ciri yang menjadi pembeda yang paling menonjol.

Hal itu dikarenakan dengan menggunakan bahasa setiap kelompok masyarakat merasakan dirinya sebagai satu kesatuan yang memiliki perbedaan dari kelompok masyarakat yang lainnya.

2. Menurut Sudaryono

Sudaryono beranggapan bahwa pengertian dari bahasa yaitu merupakan suatu media komunikasi yang baik, walaupun bahasa tidak sempurna.

Dengan ketidaksempurnaan bahasa tersebut membuat bahasa menjadi media komunikasi yang menjadi satu sumber yang mana dapat terjadinya kesalahpahaman.

3. Menurut Wibowo

Wibowo beranggapan bahwa pengertian dari bahasa yaitu merupakan suatu sistem yang menjadi simbol bunyi, memiliki makna dan juga memiliki artikulasi, serta memiliki sifat yang konvensional dan juga arbitrer.

Bahasa juga sering digunakan sebagai suatu alat untuk berkomunikasi oleh sejumlah kelompok masyarakat untuk dapat menghadirkan pikiran dan juga penasaran.

4. Menurut Plato

Plato beranggapan bahwa pengertian dari bahasa yaitu merupakan suatu pernyataan dari pikiran seorang mausia, dan menjadi perantara antara nama benda maupun sesuatu hal dengan suatu ucapan yang juga merupakan suatu cerminan dari gagasan seseorang yang didalamnya merupakan arus udara yang lewat dari mulut.

5. Menurut Bill Adams

Bill Adams beranggapan bahwa pengertian dari bahasa yaitu merupakan suatu sistem yang merupakan pengembangan dar psikologi seseorang yang didalamnya terdapat suatu konteks yang intersubjektif.

6. Menurut Harimurti Kridalaksana

Harimurti Kridalaksana beranggapan bahwa pengertian dari bahasa yaitu merupakan suatu sistem bunyi yang memiliki makna dan sering digunakan untuk komunikasi oleh kelompok sosial.

Fungsi Bahasa

Fungsi Bahasa adalah

Sesuai dengan pengertiannya seperti di atas, bahasa juga memiliki beberapa fungsi yang dapat berguna untuk manusia di kehidupannya sehari-hari. Berikut adalah fungsi dari bahasa :

1. Menjadi Alat Untuk Menyatukan Bangsa

Fungsi dari bahasa yaitu untuk menjadi suatu alat yang dapat menyatukan bangsa, karena penggunaan bahasa adalah sebagai media untuk dapat berkomuntikasi dengan orang lain.

Setiap warga negara dari sebuah negara atau bangsa harus bisa menyampaikan pemikiran maupun gagasannya dengan menggunakan bahasa yang dapat dimengerti orang lain.

Suatu kegiatan komunikasi dari masyarakat yang menggunakan bahasa yang sama dan dapat dimengerti antara satu dengan yang lain akan menjadi mempersatukan sebuah bangsa tersebut menjadi lebih kuat.

2. Menjadi Alat Identitas Bangsa maupun Suku

Fungsi dari bahasa memiliki fungsi menjadi sebuah identitas dari bangsa maupun suku karena memiliki keunikan. Suatu suku pasti mempunyai sebuah bahasa yang berbeda-beda. Hal terebut juga menjadi suatu identitas dan juga memiliki keunikannya sendiri untuk sebuah bangsa maupun suku.

3. Menjadi Suatu Alat Untuk Dapat Berkomunikasi

Mengacu pada pengertian bahasacseperti diatas, yaitu bahasa adalah sekumpulan kata yang mempunyai suatu makna. Dan seriap kata juga mempunyai makna dan berhubungan secara abstrak dengan sebuah konsep maupun objek yang nantinya akan diwakilinya.

Menggunakan bahasa, setisp orang jugs bisa melakukan suatu komunikasi dengsn dua arah, yang mana bisa dimengerti oleh tiap masing-masing seseorang.

Ciri-Ciri dan Sifat Bahasa

Ciri-Ciri Bahasa dan Sifat Bahasa

Sama seperti hal yang lainnya, bahasa juga memiliki ciri-ciri dan juga sifat yang menjadi hakikat unik dari suatu bahasa tersebut. Berikut adalah ciri-ciri dan sifat dari bahasa yang perlu Anda ketahui :

  • Bahasa dapat dijadikan suatu alat untuk berinteraksi secara sosial, hal tersebut juga sama dengan fungsi dari bahasa yaitu menjadi suatu alat untuk dapat berkomunikasi.
  • Bahasa meeupakan suatu hak yang manusiawi, yang bersrri bahasa hanya dipunyai dan juga digunakan oleh seseorang itu sendiri.
  • Bahasa memiliki sifat yang dinamis, hal tersebut dikarenakan bahasa selalu memiliki kaitan dengan seluruh aktifitas seseorang dan aktifitas tersebut selalu dapat berubah sehingga pada waktunya nanti bahasa juga ikut berubah menjadi suatu hal yang tak tetap, dan menjadi suatu hal yang tidak statis, tetapi menjadi dinamis.
  • Bahasa juga termasuk dari variasi, bahasa yang ada di muka bumi ini memiliki banyak ragam dan juga bermacam-macam.
  • Bahasa juga memiliki sifat yang produktif, unsur yang terdapat didalam suatu bahasa bisa dikembangkan sebagai satuan bahasa yang memiliki jumlah yang tidak terbatas dan sesuai dengan suatu sistem yang telah disepakati yang ada di dalam bahasa.
  • Bahasa memiliki sifat yang universal, setiap bahasa yang terdapat di dunia ini memiliki ciri-ciri yang juga sama. Dan ciri-ciri bahasa tersebut ialah suatu unsur dari bahasa yang paling umum.
  • Bahasa memiliki sifat yang unik, pada suatu bahasa yang terdapat di dunia ini memiliki ciri khas yang lebih mendetail yang tidak akan dimiliki oleh bahasa yang lainnya.
  • Bahasa merupakan suatu hal yang memiliki makna. Dilihat dari fungsi bahasa adalah untuk dapat menyampaikan suatu pesan, ide, demikiran dan konsep. Maka dari itu bentuk dsri bunyi yang tidak memiliki makna yang telah disampaikan dalam bahasa apapun itu tidak akan dapat disebutkan menjadi bahasa.
  • Bahasa merupakan suatu hal yang berbentuk bunyi, hal tersebut berarti bahasa merupakan satuan dari bunyi yang dapat dihasilkan oleh suatu alat ucap dari manusia. Yang mana dalam fonetik dapat diamati menjadi “fon” dan juga dalam fonemik menjadi” fonem”.
  • Bahasa memiliki suatu sifat yaitu arbitrer, yang memiliki arti tidak ada suatu hubungan yang wajib diantara lambang suatu bahasa yang memiliki wujud berupa bunyi tersebut dengan suatu pengertian ataupun konsep yang bersrti sebuah lambang tersebut, umumnya juga bisa diartikan sebagai tidak menetap, sewenang-wenang dan selalu berubah-ubah.
  • Bahasa merupakan sebuah sistem, dan suatu bahasa juga mempunyai sebuah aturan maupun susunan yang teratur dan dapat membentuk sebuah keseluruhan yang memiliki fungsi serta makna. Suatu sistem juga dapat dibentuk oleh beberapa komponen maupun unsur dari yang satu dan yang lainnya, dan dapat saling berhubungan dengan fungsional.
  • Bahasa memiliki wujud sebagai sebuah lambang, yang merupakan sebuah bahasa dapat dilambangkan atau bisa disampaikan ke dalam suatu bentuk bunyi dari bahasa bukan kedalam bentuk yang launnya yaitu seperti bunyi yang dihasilkan oleh alat pengucap manusia.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian bahasa dan beberapa komponen yang terpenting didalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend