Pengertian Lingkungan Hidup Beserta Manfaat, Unsur-Unsur dan Contohnya

Pengertian Lingkungan Hidup

Secara umum, Pengertian lingkungan hidup adalah kumpulan dari semua interaksi yang mencangkup berbagai faktor abiotik dan biotik yang meliputi semua benda, makhluk hidup, daya, keadaan, dan manusia serta tingkah lakunya yang dapat mempengaruhi kehidupan dan kesejahteraan manusia bersama dengan makhluk hidup yang lainnya.

Dalam pengertian lainnya, lingkungan hidup merupakan sebuah ksatu kesatuan ruang dengan segala macam benda dan makhluk hidup di dalamnya seperti manusia dan tingkah lakunya yang dapat mempengaruhi keberlangsungan kesejahteraan dan kehidupan manusia serta makhluk hidup yang lainnya. Lingkungan hidup meliputi ekosistem, udara, perilaku sosial, budaya, dan juga manusia.

Lingkungan hidup adalah suatu hal yang tidak akan bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Semua yang terjadi pada lingkungan akan berimbas dan terkena dengan kehidupan manusia itu sendiri begitu juga sebaliknya. Lingkungan semakin lama dapat semakin rusak karena disebabkan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin hebat dan canggih.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

pengertian lingkungan hidup adalah

Selain penjelasan diatas mengenai pengertian lingkungan hidup secara umum, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenak pengertian lingkungan hidup. Berikut ini pendapat beberapa ahli tentang pengertian lingkungan hidup, yaitu :

1. Emil Salim

Menurut seorang ahli yang bernama Emil Salim, mengatakan bahwa lingkungan hidup merupakan kondisi, benda, keadaan atau pengaruh yang berada didalam ruang yang kita tinggali atau tempati dan memberikan pengaruh terhadap sesuatu yang hidup seperti kehidupan manusia.

Menurut Emil Salim pengertian lingkungan hidup sangat luas. Jika batasan itu disederhanakan, area lingkungan hidup diberi batas oleh berbagai macam faktor yang bisa dijangkau oleh manusia, contohnya faktor politik, sosial, alam, dan ekonomi.

2. Munadjat Danusaputro

Menurut Munadjat Danusaputro, pengertian lingkungan hidup adalah segala sesuatu daya dan benda dan kondisi yang mana manusia termasuk didalamnya dan juga perilaku dan perbuatannya yang berada didalam ruang yang mana manusia tempati serta dapat memberikan pengaruh terhadap kelangsungan hidup yang lainnya. Maka dari itu, lingkungan hidup terdiri dari 2 lingkungan, yaitu lingkungan fisik dan budaya.

3. Soedjono

Menurut seorang ahli yang bernama Soedjono, mengatakan bahwa lingkungan hidup merupakan lingkungan jasmani atau fisik yang berada di alam. Pengertian yang beliau jelaskan, menjelaskan bahwa hewan, tumbuh – tumbuhan, dan manusia merupakan bentuk perwujudan dari fisik jasmani. Dan menurut beliau lingkungan hidup juga meliputi lingkungan hidup manusia, tumbuh – tumbuhan dan hewan yang ada di dalamnya.

4. Sri Hayati

Menurut seorang ahli yang bernama Sri Hayati, mengatakan bahwa lingkungan hidup merupakan satu kesatuan ruang dengan semua benda dan juga kondisi dan keadaan makhluk hidup. Didalamna termasuk manusia dan tingkah lakunya yang menjalankan kesejahteraan dan kehidupan manusia serta makhluk hidup yang lainnya.

5. Bintarto

Menurut seorang ahli yang bernama Bintarto, mengemukakan bahwa lingkungan hidup merupakan semua yang ada di sekitar kita, seperti benda ataupun bukan benda yang dapat memberikan pengaruh dan dapat dipengaruhi oleh tindakan dan sikap kita.

Manfaat Lingkungan Hidup

manfaat lingkungan hidup

Segala sesuatu yang ada pasti memiliki manfaatnya masing – masing. Begitu juga dengan lingkungan hidup. Lingkungan hidup memiliki beberapa manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan juga tumbuh – tumbuhan. Berikut ini beberapa manfaat lingkungan hidup, yaitu :

  1. Bumi untuk tempat tinggal, berpijak, dan juga beraktivitas para makhluk hidup.
  2. Tanah sebagai tempat lahan untuk aktivitas atau kegiatan ekonomi dan memenuhi kebutuhan sehari – hari, misalnya seperti lahan perkebunan, pertanian, peternakan, dan lain sebagainya.
  3. Oksigen sebagai gas atau zat untuk pemrosesan pernafasan pada makhluk hidup baik manusia ataupun hewan.
  4. Karbon dioksida sebagai gas atau zat untuk pemrosesan fotosintesis dalam tumbuhan.
  5. Hewan dan tumbuhan sebagai sumber bahan makanan untuk makhluk omnivora.
  6. Tumbuhan menjadi sumber bahan makanan untuk makhluk hidup herbivora.
  7. Hewan menjadi sumber bahan makanan untuk makhluk karnivora.
  8. Sumber daya alam yang berada didalam lingkungan hidup bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari – hari.
  9. Mikroorganisme berguna sebagai pengurai sisa – sisa makhluk hidup yang sudah mati jadi tidak akan terjadi penumpukkan bangkai makhluk hidup, tapi semuanya akan kembali menjadi unsur – unsur tanah.
  10. Air memiliki manfaat untuk minum, mandi serta kegiatan lainnya seperti untuk pembangkit tenaga listrik dan pengairan sawah dan lain sebagainya.
  11. Hutan memiliki fungsi untuk menjaga pasokan air ketika musim kemarau dan juga menjadi tempat tinggal untuk berbagai macam makhluk hidup.

Unsur – Unsur Lingkungan Hidup

unsur lingkungan hidup

Didalam lingkungan hidup terdiri dari berbagai macam unsur – unsur. Ada 3 unsur yang terkandung didalam lingkungan hidup. Berikut ini beberapa unsur – unsur lingkungan hidup, yaitu :

1. Unsur Abiotik

Unsur Abiotik merupakan suatu istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan sesuatu benda mati atau sesuatu yang tidak hidup. Adapun komponen – komponen penyusun unsur abiotik adalah benda – benda yang tidak hidup atau benda mati.  Jika dirincikan, komponen abiotik adalah keadaan kimia dan fisik yang ada di sekitar organisme yang menjadi substrat dan medium untuk menunjang berlangsungnya kehidupan organisme tersebut. Misalnya seperti, udara, air, tanah, matahari, cahaya, iklim, topografi, dan lain sebagainya.

2. Unsur Biotik

Unsur Biotik merupakan komponen lingkungan yang meliputi makhluk hidup. Pada dasarnya makhluk hidup bisa digolongkan berdasarkan jenis-jenisnya, misalnya seperti golongan hewa, manusia, dan juga tumbuhan. Berdasarkan ukurannya, makhluk hidup digolongkan menjadi mikroorganisme dan makroorganisme. Faktor biotik yang memiliki pengaruh terkuat di muka bumi ini adalah manusia, ia dapat memusnahkan, melipatkan, bahkan mempercepat penyebaran tumbuhan dan juga hewan.

Berdasarkan peran dan fungsinya, makhluk hidup digolongka menjadi 3 macam, yaitu produsen, konsumer, dan juga dekomposer. Produsen merupakan makhluk hidup yang dapat merubah zat anorganik menjadi zat organik, misalnya seperti lumut, alga, tumbuhan hijau, dan lain sebagainya.

Konsumer merupakan organisme yang tidak mampu membuat makanannya sendiri dan bergantung kepada organisme lainnya, misalnya seperti manusia. Dekomposer merupakan organisme yang mampu menguraikan zat organik menjadi anorganik yang nantinya akan digunakan oleh produsen, misalnya seperti jamur, bakteri, dan lain sebagainya.

3. Unsur Sosial Budaya

Unsur sosial budaya merupakan buatan manusia yang berupa lingkungan sosial dan budaya dan juga merupakan sistem nilai, keyakinan, dan gagasan dalam bertingkah laku sebagai makhluk sosial. Unsur sosial budaya ini memiliki peran dalam perubahan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan hidup manusia.

Ada beberapa jenis didalam unsur sosial budaya yang disusun didalam lingkungan. Berikut ini jenis – jenisnya, yaitu :

1. Moral

Moral adalah salah satu unsur sosial budaya yang berada didalam suatu lingkungan. Moral merupakan unsur yang meliputi aturan dan norma didalam masyarakat. Manusia dalam hidupnya pasti bermasyarakat dan didalam bermasayrakat manusia pasti memiliki norma dan aturan yang harus dipatuhi oleh setiap orang.

2. Hukum

Hukum berbeda dengan moral. Moral jika tidak ditaati maka tidak akan diberikan sanksi, tapi jika hukum tidak ditaati maka akan ada sanksi yang akan diberikan.

3. Kepercayaan

Kepercayaan merupakan landasan agar terciptanya suatu hubungan dengan orang lain. Kepercayaan merupakan hal yang penting untuk membangun hubungan dengan orang lain.

4. Kesenian

Kesenian adalah alat atau sarana dalam membentuk suatu keindahan didalam lingkungan manusia. Kesenian bisa diciptakan dan dibuat oleh siapa saja.

5. Adat istiadat

Adat istiadat adalah suatu tradisi yang telah diberikan oleh para leluhur secara turun temurun. Ada istiadat pasti harus terus dilestarikan oleh setiap masyarakatnya.

Contoh Lingkungan Hidup

contoh lingkungan hidup

Adapun beberapa contoh dari lingkungan hidup / lingkungan alam adalah :

  • Gunung
  • Tanah
  • Hutan
  • Matahari
  • Danau
  • Lumut
  • Jamur
  • Bakteri
  • Bukit
  • Sungai

Demikian pembahasan pada artikel ini mengenai pengertian lingkungan hidup beserta manfaat, unsur – unsur, dan juga contoh – contoh lingkungan hidup. Semoga Anda dapat lebih memahami dan mengerti dengan jelas mengenai apa itu lingkungan hidup serta manfaatnya, unsur – unsurnya, dan contoh – contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend