Pengertian Limbah Beserta Dampak, Jenis-Jenis dan Contoh Limbah

Pengertian Limbah

Secara umum, Pengertian Limbah adalah sisa – sisa material atau buangan yang sudah dianggap tidak mempunyai sebuah nilai yang bersumber dan dihasilkan dari proses produksi, seperti dari pabrik, industri ataupun domestik atau rumah tangga.

Ada juga pengertian lainnya mengatakan bahwa limbah merupakan semua sisa – sisa material atau buangan yang bersumber dari suatu proses teknologi ataupun dari proses alam yang mana kemunculannya sudah tidak memiliki manfaat untuk lingkungan dan sudah tidak mempunyai nilai ekonomis.

Segala jenis limbah yang bersumber dan dihasilkan oleh manusia, baik dri aktivitas industri ataupun rumah tangga pasti berdampak buruk dan negatif bagi lingkungan dan juga untuk kesehatan manusia pastinya.

Di mana ada kehidupan masyarakat, di situlah berbagai macam jenis limbah akan muncul atau dihasilkan. Seperti, sampah, air kakus (black water), dan juga ada air buangan dari berbagai macam kegiatan atau aktivitas domestik lainnya.

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

Pengertian Limbah adalah

Selain penjelasan diatas mengenai pengertian limbah secara umum, ada juga beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian limbah. Berikut ini beberapa pendapat ahli tentang pengertian limbah, yaitu :

1. Karmana (2007)

Menurut seorang ahli yang bernama Karmana, mengatakan bahwa Limbah merupakan sampah atau sisa – sisa dari proses programsi yang bisa menjadi bahan baku pencemaran atau menjadi polutan didalam suatu lingkungan. Semua kegiatan manusia rata – rata menghasilkan limbah, misalnya seperti transportasi, kegiatan industri, rumah tangga, dan lain sebagainya.

2. Deden Abdurahman

Menurut Deden Abdurahman, pengertian limbah adalah sampah atau buangan yang merupakan hasil dari suatu proses produksi, seperti produksi industri, transportasi ataupun produksi dari rumah tangga. Yang mana dengan adanya limbah pada waktu tertentu di lingkungan akan menurunkan kualitas dari lingkungan itu sendiri.

3. Ir. Hieronymus Busi Santoso

Menurut seorang ahli yang bernama Ir. Hieronymus Busi Santoso, mengatakan bahwa limbah merupakan suatu bahan yang sengaja dibuang atau terbuang dari proses – proses alam atau dari hasil aktivitas atau kegiatan manusia yang belum atau tidak memiliki nilai ekonomi, atau bisa saja merupakan bahan yang memiliki nilai ekonomi yang buruk atau negatif.

4. Daniel A. Okun dan George Ponghis

Menurut para ahli yang bernama Daniel A. Okun dan George Ponghis pada tahun 1875, mengatakan bahwa limbah merupakan segala sesuatu limbah cair yang berasal dari rumah tangga, seperti air kotor dan segala sesuatu limbah yang berasal dari industri yang dibuang ke sebuah sistem dalam saluran limbah cair, tapi air hujan dan drainase permukaan tidak termasuk.

5. Hieronymus Budi Santoso

Menurut seorang ahli yang bernama Hieronymus Budi Santoso, mengemukakan bahwa limbah merupakan semua bahan yang sengaja dibuang atau memang terbuang yang berasal dari hasil kegiatan atau aktivitas manusia dan berbagai macam proses dari alam yang tidak mempunyai nilai ekonomi, bahkan bisa saja membuat manusia menjadi rugi.

Dampak Limbah

Dampak Limbah

Setelah beberapa penjelasan diatas mengenai pengertian limbah, ada berbagai macam dampak yang ditimbulkan dari limbah tersebut yang bisa terjadi pada kesehatan manusia dan juga pada lingkungan. Berikut ini beberapa dampak yang dapat ditimbulkan oleh limbah, yaitu :

1. Dampak Limbah Terhadap Lingkungan

Limbah secara umum mempunyai dampak buruk atau negatif terhadap lingkungan di sekitarnya. Bukan hanya dapat merusak lingkungan dan mengurangi nilai estetika lingkungan tersebut, limbah juga bisa membuat banyak organisme menjadi mati yang hidup di lingkungan tersebut.

Misalnya seperti, limbah cair yang dikeluarkan oleh pabrik atau industri lainnya ke sungai dapat membuat sungai menjadi tercemar dan terkontaminasi oleh racun yang trekandung didalam limbah tersebut. Sehingga akan menyebabkan banyak organisme atau makhluk hidup yang ada didalam sungai menjadi mati karena keracunan oleh limbah tesebut, seperti ikan yang hidup di sungai.

Kerusakan yang terjadi di sungai pasti nantinya dapat mengganggu bahkan merusak ekosistem makhuk hidup yang ada di sungai tersebut. Selain dapat menyebabkan pencemaran air, limbah juga dapat menyababkan pencemaran udara misalnya seperti, bau yang tidak sedap yang muncul tersebut dikarenakan pembusukan sampah organik ataupun anorganik.

Kemudian, pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor ataupun gas – gas yang dikeluarkan oleh industri – industri juga bisa menyebabkan pencemaran udara. Yang mana jika udara yang sudah teracuni tersebut dihirup oleh manusia, maka bisa saja menimbulkan penyakit kanker bagi manusia tersebut.

2. Dampak Limbah Terhadap Manusia

Selain memiliki dampak negatif bagi lingkungan, limbah juga memiliki dampak negatif bagi manusia. Walaupun sebenarnya sebagian besar limbah yang ada di muka bumi ini dibuat dan dihasilkan oleh manusia itu sendiri, tapi sebenarnya yang paling dapat merasakan dampak buruk atau negatif dari pencemaran limbah tersebut adalah manusia itu sendiri.

Banyak sekali dampak yang akan dirasakan oleh manusia jika limbah tersebut sudah mencemari lingkungan, misalnya gangguan kesehatan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa contoh penyakit manusia yang bisa muncul karena disebabkan oleh pencemaran limbah, yaitu :

  • Diare
  • Sesak napas
  • Keracunan
  • Jamur pada kulit
  • Penyakit tifus
  • Gangguan saraf

Jenis – Jenis Limbah

Jenis - Jenis Limbah

Selain limbah memiliki dampak buruk atau negatif, limbah juga memiliki berbagai macam jenisnya. Ada 3 jenis limbah berdasarkan wujudnya, sumbernya, dan senyawanya. Berikut ini beberapa jenis – jenis limbah, yaitu :

1. Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya

Limbah berdasarkan wujudnya dibagi lagi menjadi 4 macam, yaitu :

a. Limbah Padat

Limbah padat atau sering juga disebut sebagai sampah yaitu limbah yang memiliki wujud atau bentuk padat dan biasanya memiliki sifat kering dan juga biasanya tidak dapat berpindah atau menyebar dengan sendirinya tanpa ada yang memindahkannya. Limbah padat merupakan limbah yang paling mudah dan serung ditemukan di lingkungan sekitar kita.

b. Limbah Cair

Limbah cair adalah limbah yang berasal dari sisa – sisa dari suatu aktivitas atau kegiatan yang memiliki wujud atau bentuk cair dan sudah bercampur dengan bahan – bahan yang dibuang lainnya yang larut bersama kedalam air.

c. Limbah Gas

Limbah gas merupakan limbah yang memiliki wujud atau bentuk gas yang terdiri dari bermacam – macam senyawa kimia serta udara sebagai pemanfaatan medianya yang bisa menyebar dalam wilayah yang sanagt luas.

d. Limbah suara

Limbah suara adalah limbah yang berupa gelombang bunyi yang menyebar dan merambat di udara serta dapat menimbulkan gangguan.

2. Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

Limbah berdasarkan sumbernya dibagi lagi menjadi 6 macam, yaitu :

a. Limbah domestik

Limbah domestik atau biasa disebut sebagai limbah rumah tangga yaitu limbah yang dibuat dan dihasilkan dari kegiatan atau aktivitas di rumah tangga atau pada pemukiman penduduk, rumah makan, atau pasar.

b. Limbah industri

Limbah industri adalah limbah yang bersumber dan dihasilkan dari kegiatan atau aktivitas industri yang bentuk dan wujudnya tergantung dari apa yang dibuat dan diproduksi dari pabrik atau industri tersebut.

c. Limbah pertanian

Limbah pertanian adalah limbah yang bersumber dan dihasilkan dari kegiatan atau aktivitas pertanian ataupun kegiatan di perkebunan, dan lain sebagainya.

d. Limbah pertambangan

Limbah pertambangan adalah limbah yang berasal dan dihasilkan dari kegiatan atau aktivitas pertambangan.

e. Limbah pariwisata

Limbah pariwisata adalah  limbah yang bersumber dan dihasilkan dari daerah pariwisata.

f. Limbah medis

Limbah medis merupakan limbah yang bersumber dan dihasilkan dari kegiatan atau aktivitas medis seperti di rumah sakit, dan lain sebagainya.

3. Jenis Limbah Berdasarkan Senyawanya

Limbah berdasarkan senyawanya dibagi lagi menjadi 3 macam, yaitu :

a. Limbah organik

Limbah organik adalah limbah yang berasal dari makhluk hidup atau limbah yang memiliki unsur karbon didalamnya dan memiliki sifat mudah terurai dan membusuk yang biasanya diuraikan oleh mikroorganisme seperti aerob ataupun anaerob.

b. Limbah anorganik

Limbah anorganik adalah limbah yang sulit atau tidak mudah terurai dan membusuk secara alami yang diuraikan oleh mikroorganisme pengurai seperti aerob dan anaerob.

c. Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Limbah B3 adalah limbah yang bersumber dan berasal dari kegiatan atau aktivitas manusia. Limbah tersebut memiliki senyawa kimia dan sifat beracun yang sangat berbahaya untuk makhluk hidup seperti manusia, hewan, ataupun tumbuhan.

Contoh Limbah

contoh limbah

Berikut ini beberapa contoh limbah berdasarkan jenis – jenisnya, yaitu :

1. Limbah Berdasarkan Wujudnya

a. Limbah Padat, contohnya pecahan kaca, kertas bekas, sampah plastik, sisa makanan, dan lain sebagainya.

b. Limbah Cair, contohnya sisa pewarna kain, air tinja, air sabun bekas cucian, dan lain sebagainya.

c. Limbah Gas, contohnya karbon monoksida (CO), freon, sulfur oksida (SOx), nitrogen oksida (NOx), dan lain sebagainya.

d. Limbah suara, contohnya suara mesin pabrik, suara kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

2. Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

a. Limbah domestik, contohnya air sabun cucian, sisa – sisa makanan, dan lain sebagainya.

b. Limbah industri, contohnya cairan buangan pabrik, asap mesin panrik, dan lain sebagainya.

c. Limbah pertanian, contohnya sisa – sisa daun, jerami, kayu kecil, dan lain sebagainya.

d. Limbah pertambangan, contohnya logam, batu – batuan, dan lain sebagainya.

e. Limbah pariwisata, contohnya oli kapal yang dibuang, asap kendaraan, dan lainnya.

f. Limbah medis, contohnya zat – zat kimia obat, jarum suntuk bekas, dan lain sebagainya.

3. Jenis Limbah Berdasarkan Senyawanya

a. Limbah organik, contohnya kotoran hewan, sayur busuk, sisa makanan, kulit buah, dan lain sebagainya.

b. Limbah anorganik, contohnya kaca, plastik, baja, logam, dan lain sebagainya.

c. Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), contohnya pembasmi serangga, pembersih lantai, pengharum ruangan, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai pengertian limbah, beserta dampaknya, jenis – jenis limbah dan juga contoh – contohnya. Semoga Anda dapat lebih memahami dan mengerti dengan baik apa itu limbah, serta dampak  – dampaknya, jenis – jenisnya, dan juga contoh – contoh limbah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend